Rogoh Kocek Pribadi, Yuni Tetap Semangat

20160716_163517

Palembang – Yuni (36) tampak bersemangat mengikuti Pelatihan Daerah yang diadakan oleh National Paralympic Commite (NPC) Sumsel. Pecatur asal Palembang ini dengan semangat mendorong kursi rodanya untuk bergerak kesana kemari. Tak tampak keterbatasannya di kursi roda menghalangi segala aktivitasnya di Wisma Atlet.

Orang mungkin tak menyangka siapa dia. Yuni adalah seorang pecatur handal yang pernah mewakili Indonesia di Asean Paralympic Games 2015 di Malaysia. Tak tanggung, ia menyabet gelar dua medali emas dan satu perunggu mengalahkan Filiphina, Singapura dan Malaysia.

Meskipun menggunakan dana pribadi, ia tetap bersemangat mengikuti Persiapan Pelatda tersebut. Ketika diwawancarai oleh Koran Kito, ia nampak menggebu-gebu kala mengungkapkan visi-misinya dalam mengikuti kejuaraan Persatuan Paralympic Nasional (Peparnas) ke-15 di Jabar, Oktober 2016 nanti.

“Saya tetap ikut untuk membela Sumsel. Meskipun keadaan seperti ini, saya tetap menargetkan medali emas,” ujar Yuni.

Semangat berapi-api yang ditimbulkan oleh Yuni tampak juga di peserta Pelatda lain. Nampak seluruh atlet disabilitas yang ikut Pelatda terbakar semangatnya kala berlatih di cabang olahraga masing-masing. Lantas, bagaimana tanggung jawab pemerintah?

Kepala Dispora Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan bahwa hal ini merupakan akibat dari penyetaraan NPC dan KONI. Hal ini menyebabkan transisi administrasi yang berakibat macetnya beberapa urusan.

“Karena NPC sekarang ga lagi berada di naungan Dispora, mereka setara dengan KONI. Ya itu tadi, NPC ini sekarang jadi KONI-nya atlet Paralympian,” ujarnya.

Namun ia tetap berusaha memperjuangkan apa yang akan jadi kebutuhan Peparnas 2016 yang akan datang. Ia tak ingin Paralympian yang telah berusaha keras itu terhalang oleh faktor pendanaan. “Semangat mereka jelas dua kali lipat dari atlet normal. Mereka sudah dilindungi Undang-Undang, jadi mereka setara atlet normal. Sekarang akan kita perjuangkan habis-habisan untuk mereka,” tukasnya. (korankito.com/resha)