Bisa Dipercaya

2.379 CJH Mulai Mengikuti Manasik Haji

Peserta saat mengikuti pelatihan manasik haji jamaah asal Palembang di di Masjid Al-Fallah jalan Rajawali. Pada 9 Agustus, seluruh JCH tersebut akan masuk asrama haji untuk diberangkatkan pada esok harinya. dok korkit
Peserta saat mengikuti pelatihan manasik haji jamaah asal Palembang di di Masjid Al-Fallah jalan Rajawali. Pada 9 Agustus, seluruh JCH tersebut akan masuk asrama haji untuk diberangkatkan pada esok harinya.
dok korkit

Palembang – Sebanyak 2.379 JCH (Jemaah Calon Haji) asal Palembang mulai mengikuti kegiatan manasik haji. Kemenag  Kota Palembang, H Darami mengatakan di Palembang sendiri, selanjutnya bakal dilakukan pada tanggal 25 Juli nanti setelah sebelumnya dilakukan pada hari Sabtu kemarin.

Dan juga bakal dilaksanakan delapan kali manasik lagi di 12 kecamatan yang sudah ditunjuk mulai 17 Juli hingga 24 Juli mendatang. “Dalam hal ini, panitia juga sudah menyiapkan segala kesiapannya,” akunya.

Berita Sejenis
1 daripada 3

Lebih lanjut dikatakan, Ibadah haji merupakan Ibadah yang diwajibkan kepada setiap muslim yang mampu. “JCH harus mampu secara ekonomi maupun fisik,” lanjutnya. Kendati demikian, meskipun Ibadah haji memerlukan biaya yang tak sedikit, namun animo masyarakat untuk mendaftar dan naik haji sangat besar.

Hal itu terbukti dari waiting list atau daftar tunggu haji hingga tahun 2034 mendatang. “Artinya, jika mendaftar tahun ini, baru bisa berangkat 18 tahun lagi,” sambungnya. Dalam kesempatan itu pula, Darami menyebut selain harus mengikuti manasik haji, JCH juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hingga dua kali tahapan.

Untuk manasik haji sendiri, semua JCH wajib mengikutinya karena bisa memberikan pemahaman seputaran Ibadah haji baik teoritis maupun praktis. “Dengan adanya manasik ini, para jemaah diharapkan jadi jemaah yang mandiri,” lanjutnya seraya mengatakan juga diharapkan bisa menggali lebih banyak tentang Ibadah haji.

Ditambahkan Kabid PIH (Penyelenggara Ibadah Haji) dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel, H Janaluddin mengimbau kepada seluruh jemaah untuk mengikuti manasik haji dimanapun dilakukan. “Manasik haji untuk memantapkan ilmu dan amalan haji,” lanjutnya.

Untuk JCH Sumsel sendiri, tanggal 9 Agustus sudah mulai masuk asrama dan 10 Agustus berangkat dengan menggunakan pesawat Saudi. Asisten IV Pemkot Palembang, Ir Agus Kelana mengapresiasi pelaksanaan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kemenag Kota. “Kami berharap semua jemaah Palembang bisa menjadi haji yang mambur,” tukasnya. (korankito.com/ria)