Dua Mantan Pegawai PT Duta Palembang, Divonis 1 Tahun Penjara

sidang

Palembang – Dua terdakwa pelaku penggelapan dana  penerbit PT Duta sebesar Rp. 156.095.000, Winda Destriani (26) dan Dessy Clara dapat bernafas lega, lantaran hukuman yang dijatuhkan majelis hakim lebih rendah delapan bulan dari tuntutan jaksa.

Sidang lanjutan dengan agenda pembacaan amar putusan, kembali digelar di PN Klas 1A Khusus Palembang, Kamis (13/7), menyatakan kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan dalam jabatan, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 374 KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana kepada masing masing terdakwa selama satu tahun penjara.” ujar ketua majelis hakim Charles Simamora.

Diketahui didalam persidangan sebelumnya kedua terdakwa yang merupakan mantan pegawai PT Duta Palembang ini, dijerat penuntut umum dengan pasal  374 KUHP jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP. Dan dituntut pidana penjara masing masing selama satu tahun dan delapan bulan penjara.

Terungkap dalam persidangan perbuatan kedua terdakwa diketahui Yohanes setelah mendapat informasi dari Tedy (kabag keuangan) yang mendapat laporan dari Ahmad Nawawi (kacab) ada pembayaran/setoran dari pelanggan yang tidak disetorkan ke pusat sebesar Rp.Rp. 156.095.000, selanjutnya Yohanes beserta tim audit melakukan olah data di kantor pusat, ternyata setelah dikroscek memang benar ada pembayaran setoran yang belum disetorkan ke kantor pusat.

Maka pada tanggal 19 Maret 2015, memanggil Surya Darma, Ahmad Nawawi, Winda Destriani, Dessy Clara, Setelah diaudit ternyata ada lima puluh lembar tanda terima yang tidak disetorkan kekantor pusat dan uang tersebut telah distorkan oleh sales Amirun dkk kepada Winda Destriani dan Dessy Clara. Berdasarkan data yang ada di penerbitan berupa rekening koran dan data yang ada di penerbitan, berupa BSK (bukti setor kas) dan BSB (bukti setor bank) bahwa jumlah tagihan yang belum disetorkan oleh Winda Destriani dan Dessy Clara sebanyak 45 lembar. (korankito.com/ria)