DPJPP Sediakan 4.000 Lampu Jalan Baru 

lampu jalan

Palembang – Adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) berujung dipangkasnya sejumlah lampu-lampu jalan beserta tiangnya. Ada 1.000 tiang lampu jalan di pangkas saat ini masih bisa dimanfaatkan untuk pemasangan lampu jalan di titik-titik jalan di Kota Palembang yang masih minim penerangan lampu jalan.

Sekretaris Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman (DPJPP) Kota Palembang Noprian Fadilah, mengatakan tiang-tiang lampu jalan yang dipangkas untuk pembangunan LRT masih bisa digunakan. Rencananya tiang-tiang lampu jalan tersebut sebagian akan di pasang di Jalan Noerdin Pandji yang memang belum tersentuh dengan penerangan lampu jalan.

“Ada 137 lampu jalan yang akan di pasang di jalan Noerdin Pandji. Mudah-mudahan dua bulan kedepan sudah bisa dipasang,” katanya, Jum’at (15/7) ditemui dikantornya.

Untuk tahun 2016 ini DPJPP sudah mempersiapkan lebih kurang 4.000 unit lampu jalan baru yang dikhususkan baik untuk dipasang di jalan-jalan dan lorong-lorong pemukiman warga yang masih minim penerangan maupun untuk pemasangan di perumahan-perumahan baru. Jumlah tersebut jelas Noprian menurun dibandingkan tahun lalu dimana pihaknya mempersiapkan lebih kurang 5.000 unit lampu jalan.

“Tahun ini kita defisit, karena dampak dari pemotongan anggaran. Nah anggaran untuk pengadaan lampu jalan tahun ini hanya sebesar 2 milyar,” jelasnya.

Lebih lanjut Noprian menambahkan meskipun tahun ini hanya mengadakan 4.000 unit lampu baru namun masyarakat bisa melapor jika wilayah tempat tinggal mereka membutuhkan lampu jalan untuk penerangan dimalam hari. Bukan hanya permintaan pasang baru, namun warga juga bisa melaporkan jika ada kerusakan lampu jalan di wilayahnya.

“Kita menyediakan posko pengaduan bagi warga yang melaporkan kerusakan lampu jalan di wilayah pemukiman mereka. Bahkan 40 persen pengaduan yang masuk itu minta pemasangan lampu jalan,” katanya.

Sedangkan untuk mengganti lampu jalan yang dipangkas akibat adanya pembangunan LRT tambahnya DPJPP akan memasang 90 unit lampu jalan di sepanjang jalan Sudirman mulai dari simpang Charitas sampai Bundaran Air Mancur (BAM).

“Akan dipasang 45 unit lampu jalan di sisi kanan dan 45 unit lampu jalan di sisi sebelah kiri  dengan Anggaran 1,2 milyar,” tukasnya. (korankito.com/ria)