Terindikasi Sakit Berat, Calhaj Langsung Dirujuk ke Dokter

20160713_102635

Palembang – Calon Jemaah Haji (Calhaj) kembali melakukan jadwal pemeriksaan kesehatan tahap kedua, Rabu (13/7). Pemeriksaan tahap kedua tersebut akan berlangsungg sampai tanggal 27 Juli nanti. Sedikitnya ada 5 Puskesmas yang menjadi rujukan untuk melakukan pemeriksaan yakni  Puskesmas Dempo, Merdeka, Pembina, Sekip dan Sematang Borang.

Pantauan korankito di Puskesmas Dempo, pemeriksaan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini merupakan lanjutan dari tahap pertama beberapa waktu. Tampak puluhan calon jamaah haji sudah ramai melakukan pemeriksaan di lantai 3. Ada sekitar 50 orang yang menjalani pemeriksaan di Puskesmas ini yang diperiksa oleh 15 orang tim pemeriksa haji.

Kepala Puskesmas Dempo, dr Hj Meiri Iryani, MKes mengatakan, ada 839 orang yang mendaftar untuk tahap pertama kemaren. “Untuk tahap kedua ini belum tahu, karena baru hari pertama. Kita akan melakukan penjaringan lagi. Dari hasilnya nanti baru bisa ditentukan berangkat atau tidaknya calon jemaah haji,” ujarnya.

Meiry menambahkan pihaknya akan merujuk pasien dengan resiko tinggi misalnya ada yang perlu dirujuk pihaknya akan merujuk ke dokter spesialis. “Dari hasil labnya juga baru ketahuan apa hasilnya. Apakah perlu dirujuk atau tidak. Pemeriksaan ulang akan dilakukan apabila ada penyakit. Dokter juga yang memutuskan disuntik atau tidak.” ungkapnya.

Selama ini, sudah ada beberapa temuan penyakit seperti Hipertensi, jantung, TB dan lainnya. Untuk keluhan-keluhan penyakit kronis tersebut didominasi usia 40an keatas. “Dibandingkan tahun lalu sampai seribuan yang cek kesehatan disini. Tapi karena sudah dibagi 5 Puskesmas, semua bisa merata,” ungkapnya.

Salah satu calhaj, Lisma dari KBIH Iqro mengatakan, adapun pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan tensi, darah, dan pertanyaan seputar keluhan penyakit maupun riwayat pemakaian obat. “Alhamdulillah selama pemeriksaan saya dinyatakan clear. Tinggal perlu menjaga kesehatan sampai berangkat nanti,” jelasnya. (korankito.com/ria)