Gandus Hasilkan Sampah 12 ton Perhari

kecamatan

Palembang – Dinas kebersihan dan Keindahan (DKK) Kota Palembang setiap harinya mengerahkan tiga unit armada untuk mengangkut sampah di Kecamatan Gandus Palembang. Sebanyak 12 ton sampah per hari yang diangkut dari wilayah Gandus Palembang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Dinas Kebersihan dan Keindahan Kecamatan Gandus (K.UPTD DKK Kecamatan Gandus)  Mukmin SH mengatakan, saat ini Kecamatan Gandus memiliki sebanyak 10 unit bak sampah. Sedangkan jarak untuk pengangkutan sampah ini cukup jauh, yang di mulai dari Kelurahan 36 Ilir yang berada di jalan Pangeran Sido Ing Lautan hingga di jalan Sosial Kelurahan Pulokerto.

“Jarak tempuh yang cukup jauh antara bak sampah yang berada di Kelurahan 36 Ilir hingga yang ada di Kelurahan Pulokerto yang menjadi kelurahan paling ujung di Kecamatan Gandus menjadi kendala dalam pengangkutan sampah ini. Untuk satu hari produksi sampah yang di hasilkan di Kecamatan Gandus ini berkisar 12 ton sehari,” katanya, Kamis (14/7).

Menurutnya, persoalan yang sering terjadi dalam penanganan sampah ini adalah warga sering membuang sampah di lahan yang kosong. Menumpuknya sampah yang berada di lahan yang kosong menyebabkan kesusahan para petugas DKK untuk mengambil sampah tersebut.

Lebih lanjut Mukmin mengatakan di harapkan warga untuk tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat apalagi di lahan yang kosong. Di harapkan juga dalam penanganan sampah ini semua masyarakat dapat terlibat untuk membersihkan sampah ini, karena Palembang akan menuju Palembang EMAS 2018.

“Di himbau kepada warga, ketua RT, untuk saling membantu dalam menanggulangi sampah ini. karena persoalan sampah ini tidak bisa di kerjakan oleh DKK Kecamatan sendiri harus di kerjakan secara bersama-sama demi terciptanya Palembang bersih dan indah,”ujarnya. (korankito.com/ria)