Ahmad Yani: Atlet Minimal Kuasai Tiga Jurus

20160714_194655

Palembang-Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Sumsel Ahmad Yani menegaskan, bahwa setidaknya seorang atlet Wushu setidaknya menguasai tiga jurus. Antara lain Tinju Utara, Tinju Selatan dan Tai Chi. Hal ini dikatakannya usai membuka penataran Wasit, Juri dan Pelatih Wushu di Wisma Atlet Kamis (14/7) malam tadi.

Hal ini menurutnya hal yang wajib. Sebab dalam pertandingan Nasional, setidaknya ada 12 nomor tangan kosong yang akan diperlombakan. “Kalau hanya satu, ya ga bakalan dipakai di Tingkat Nasional,” ujarnya ketika diwawancarai di Gedung B Wisma Atlet.

Sehingga menurutnya sangat baik sekali jika atlet Wushu Sumsel khususnya bisa menguasai tiga nomor tersebut atau bahkan lebih. “Kita kan mengarah ke sana. Alangkah baiknya jika lebih, sehingga atlet kita bisa dipakai ke tingkat Nasional,” kata Ahmad Yani.

Mantan Wasit ini juga mengatakan kurangnya Sumber Daya Manusia pendukung olahraga dari China tersebut di Sumsel. Pasalnya terlihat di daerah-daerah Sumsel khususnya kelengkapan SDM belum memadai. “Seharusnya di setiap daerah itu, ada dua wasit yakni wasit Taolu dan Wasit Sanda. Selain itu juga dibutuhkan satu pelatih Sanda dan satu Pelatih Taolu,” tuturnya.

Sehingga melalui penataran ini, diharapkan bakal tercipta wasit, juri dan pelatih yang handal dan kompeten serta sportif di bidangnya. “Kita harapkan bakal tercipta Wasi, Pelatih dan Juri yang kompeten serta bersertifikat Nasional bahkan Internasional yang berasal dari sini,” tukasnya. (korankito.com/resha)