Uang THR Pensiunan Digasak Penipu

IMG_20160628_113128Palembang-Nasib sial dialami oleh Bos Alam (65), warga Perumahan Ogam Permata Indah, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I, Palembang. Pasalnya, uang Tunjangan Hari Raya alias THR miliknya, digondol penipu berkedok undian berhadiah.

Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini kemudianmelaporkan peristiwa tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang, Selasa (28/6).

Di hadapan petugas, Alam menuturkan, awalnya hanya penasaran ada telepon masuk yang mengatakan dirinya memenangkan undian.Kemudian ia mencoba mengikuti instruksi yang diberikan para pelaku.

“Inilah akibat kepintaran serta sok tahu dari saya, malah harus menjadi korban penipuan. Jumlah memang tidak banyak hanya, hanya Rp900 ribu, namun yang sakitnya itu uang THR pensiunan. Saya juga sudah melaporkan kasus ini kepolisian, agar tidak terulang lagi,” katanya.

Sebelumnya pelaku memintanya mendatangi mesin Anjungan Tunai Mandiri. Setelah itu semua perintah pelaku diikutinya. “Ketika di ATM, saya sempat bilang kalau dia mau menipu, tapi dia bilang tidak. Dia bilang hadiahnya mau ditransfer, makanya harus menuruti kemauannya,” ujarnya.

Namun, setelah uang ditransfer ternyata hadiah itu tak kunjung datang. Justru yang terjadi uang tabungan berkurang bukannya bertambah seperti yang dijanjikan pelaku.
“Saya khawatir saja, nanti kalau dapat uang pensiunan saya, malah hilang lagi. Tapi kata bank tidak, sudah aman katanya, tapi uang saya tidak bisa kembali. Kalau seperti itu tidak apa-apa, menjadi pelajaran saya. Mudah-mudahan tidak ada korban lagi,” harapnya.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede SIk MH mengatakan, laporan korban sudah diterima dan akan segera ditindaklanjuti oleh anggotanya. “Kita proses dulu kasus ini,” singkatnya.deny