Jejak Plat Nomor Ungkap Pelaku Perampokan

IMG_20160628_100945Palembang-Dua pemuda asal Kota Kayuagung, Kabupaten OKI, Risky Apriansyah (21) dan Husni Thamrin (21), harus berlebaran di penjara. Pasalnya, mereka nekat memecahkan kaca mobil di halaman parkir Indomaret di Jalan Residen Abdul Rozak, Selasa (28/6).

Saat itu kedua tersangka tengah bersama-sama mengendarai sepeda motor Jupiter MX dengan nopol BG 3597 KAE dari Kayuagung menuju Palembang. Sesampainya di tempat kejadian, mereka melihat mobil Nissan March warna pink BG 1337 KAE. Muncullah niat kedua pelalu untuk melakukan pencurian.

Tersangka Husni turun dari atas sepeda motor mengintip kaca mobil dan melihat tas di kursi depan sebelah kiri. Sedangkan tersangka Riski duduk di atas sepeda motor. Selanjutnya tersangka pergi ke bengkel membeli busi sepeda motor yang akan   digunakan untuk memecahkan kaca mobil.

Usai membeli busi, kedua tersangka kembali lagi ke lokasi kejadian. Lalu tersangka Husni melempar busi tersebut ke kaca depan sebelah kiri mobil. Setelah retak, tersangka mendorongnya hingga pecah lalu mengambil tas milik korban.

Setelah mendapatkan hasil curiannya, kedua tersangka pergi melarikan diri naik sepeda motor. Hanya saja, korban melihat dan mengejar tersangka. Pengejaran ini membuat plat motor milik tersangka terjatuh. Tak dinyana plat motor tersangka menjadi jejak untuk memburu kedua tersangka.

Korban bernama Ari Yuliza, warga Jalan Lebak Jaya III, Perum Graha Damai Lestari, Kelurahan Sei Buah, Kelurahan Ilir Timur II, menderita kerugian satu buah tas berisi KTP, SIM A, SIM C, STNK mobil, handphone merek Oppo, kartu ATM. Ditaksir kerugian sebesar Rp3 juta.

Di hadapan petugas,  pelaku Husni mengaku awalnya dirinya pergi dari Kayuagung bersama tersangka Riski hanya untuk jalan-jalan. Namun, saat melintas di TKP, muncul niat melakukan aksi kejahatan.

“Cuma jalan-jalan awalnya, tapi saat itu memang keadaan sepi jadi kami berniat mencuri,” ungkap Husni saat diamankan di Mapolsek IT ll, Selasa (28/6). “Baru sekali ini lah melakukan. Rencananya hasil pencurian ini mau saya belikan baju Lebaran. Namun keburu ditangkap sama polisi,” akunya.

Kapolsekta IT II Kompol M Hadiwijaya menuturkan penangkapan kedua tersangka ini berawal dari laporan korban dan adanya bukti plat motor tersangka yang terjatuh. Setelah dilacak, plat motor tersebut berasal dari daerah Kayuagung.

“Kita langsung berkoordinasi dengan Polsek Jejawi. Saat pelaku melintas di daerah Jejawi (OKI), ada petugas yang sedang melakukan razia. Karena takut kedua tersangka mencoba melarikan diri, namun terjatuh dan langsung diamankan polisi,” pungkas  Jaya.Korankito.com/kardo