Bisa Dipercaya

Sulaiman Amin : Laporkan Tarif Parkir Diluar Ketentuan 

IMG_20160623_094901_AO_HDR

Palembang – Menjelang hari raya Idul Fitri dimanfaatkan oleh oknum juru parkir (jukir) nakal untuk meraup keuntungan. Pantauan korankito.com, beberapa ruas jalan, Badan utama dan trotoar di Kota Palembang mulai beralih fungsi menjadi tempat parkir liar.

Tarif normal parkir kendaraan roda dua, hanya dikenakan Rp 1000, dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat, ” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Sulaiman Amin, Senin (27/6).

Berita Sejenis

Dishub Amankan 16 Jukir Nakal

Pembuatan PD Parkir Masih Dikaji

Tingkatan PAD, Zona Parkir Segera Diterapkan

1 daripada 2

Tarif itu, kata mantan Camat Alang-Alang Lebar (AAL) ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 16 Tahun 2011 Pasal 9 tentang Retribusi Umum Penyelenggaraan Transportasi. Kalau ada jukir yang nakal silahkan hubungi nomor 081278317505,” jelasnya.

Untuk mencegah dan menindak adanya jukir nakal yang biasa bermunculan saat menjelang lebaran ini, katanya perlu peran aktif masyarakat terlebih masyarakat itu dirugikan. “Sebaiknya masyarakat langsung menelpon nomor tersebut agar dapat langsung ditindaklanjuti,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini Dishub sudah memasang spanduk sosialisasi tarif parkir di tempat-tempat strategis.

Seperti di Pasar 16 Ilir, Halte Bappeda, Masjid Agung, Masjid Lama, Pos Ampera, Benteng Kuto Besak (BKB), Riverside. Dengan itu sehingga masyarakat tahu dan tidak lagi menuruti kehendak Jukir untuk membayar parkir dengan jumlah yang sangat semena-mena itu.

Selain itu, setelah lebaran nanti pihaknya akan melakukan penertiban di tujuh titik lokasi parkir yang saat ini penarikan tarif parkir yang dilakukan oleh Jukir dianggap sudah sangat parah. Ketujuh lahan parkir yang disoroti tersebut yakni Taman Nusa Indah, Jalan Atmo, Benteng Kuto Besak (BKB), Pasar 16 Ilir, Sayangan, Beringin Janggut dan Dempo.

“Di tempat tersebut tarif parkir dinilai sudah tidak normal lagi, kita sudah dapat laporannya dari masyarakat tarif parkir bisa mencapai Rp20 ribu per kendaraan, kita akan tertibkan tarif parkir di wilayah itu, namun tidak menutup kemungkinan yang ada di lahan parkir lainnya,” jelasnya. (korankito.com/ria)