Gelapkan Uang Setoran 1 Miliyar, Paul Diciduk Polisi

Jpeg

Palembang – Lantaran sudah menggelapkan uang setoran ke bank, milik jasa angkutan umum Sumber Sari sebanyak satu miliar, membuat Paul Yonat (35) warga Jalan TPA Sukawinatan, RT 107, RW 08, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami Palembang, harus merasakan pait kehidupan dibalik jeruji besi Maporlesta Palembang.

Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku akhirnya ditangkap Unit Satreskrim Polresta Palembang, saat berada di kediamannya, Senin (27/6) sekitar pukul 11:00 WIB. Tanpa perlawanan, Paul pun digelandang ke Mapolresta Palembang.

Tersangka Paul mengakui perbuatannya. Menurutnya, ia menggelapkan uang setoran tersebut sejak tahun 2014 hingga 2016. Namun, saat rekapan keuanga tahunan, diawal tahun 2016 tadi, perusahaan tempat ia bekerja baru mengetahui kalau uang perusahaan sudah digelapkannya.

“Aku mengambil uangnya setiap bulan pak, kalau setorang ke Bank Rp 60 juta, saya ambil Rp 30 juta. Makanya, selama dua tahun itu, jumlahnya sudah satu miliar,” ujar Paul sembari tertunduk malu.

Lanjutnya, ia sudah bekerja pada perusahan yang beralamatkan di kawasan Kenten tersebut, sejak tiga tahun yang lalu, dengan menduduki jabatan sebagai admin. “Uangnya sudah habis pak, untuk kebutuhan sehari-hari dan berfoya-foya. Saya gunakan untuk liburan ke Bali, Jakarta dan lainnya. Awalnya, sudah ada mediasi berdamai, namun karena uang saya masih kurang, jadi saya ditangkap polisi,” jawabnya pasrah.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Maruly Pardede mengatakan kalau pihaknya saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Paul. “Setelah mendapatkan laporan dari korban, kita berhasil mengamankan pelaku. Dia akan kita kenakan pasal 374 penggelapan dengan memanfaatkan jabatan,” ujarnya singkat. (korankito.com/denny)