Angkutan Umum Perhatikan Kendaraan Mudik

posko lebaran1
Lahat – Menjelang Idul Fitri 1437 H yang tidak lama lagi, jajaran Pemkab Lahat melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) melakukan pengecekan kondisi kendaraan yang akan mengangkut penumpang mudik.

Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kadishubkominfo, HM Eduar Kohar SE MM, mengatakan setidaknya ada 65 persen kondisi kendaraan dalam layak pakai untuk mengangkut penumpang lebaran. “Baik itu, Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Desa (Angdes), Angkutan Kota (Angkot) maupun travel, semuanya telah kita periksa secara keseluruhan,” katanya, ditemui, Minggu (26/6).

Ia menyebutkan, yang menjadi prioritas pemeriksaan kendaraan lebaran tetap sama yakni, rem maupun ban yang menjadi bagian penting dari unit angkutan tersebut, sehingga keselamatan penumpang terjamin. “Apabila kondisi rem sudah jelek apakah itu kanvas, minyak rem harus diganti dengan baru, begitupula dengan ban gundul diberlakukan serupa, jangan sampai ada hal-hal tidak diinginkan terjadi,” urai HM Eduar Kohar.

Pihaknya memberitahukan kepada pemilik kendaraan atau usaha angkutan umum, agar himbaun tersebut diperhatikan secara serius, supaya semuanya berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Pengelola Travel CV Empayang Indah Travel, Thamrin menuturkan, pihaknya sudah jauh-jauh hari memeriksakan kondisi kendaraannya, baik itu, mesin, rem, kanvas, minyak rem, ban dan lain sebagainya. “Alhamdulillah semua armada kita dalam kondisi baik-baik saja, dimana, kami selalu memperhatikan keselamatan penumpang maupun kendaraannya sendiri, sehingga selamat sampai tujuan,” terangnya.

Salah satu sopir travel tujuan Lahat-Prabumulih-Palembang yang enggan disebutkan namanya, Minggu (26/6) saat dijumpai menyampaikan bahwa penumpang yang ada dari Lahat-Prabumulih-Palembang masih biasa-biasa saja. Kebanyakan sudah naik kereta api, jadi dak begitu rame. Mungkin deket nak lebaran baru rame, ungkapnya.

Sementara arus lalu lintas Lahat saat ini sudah mulai berisi para pemudik baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik dari Palembang, Muara Enim dan Prabumulih, Ada yang sekedar lewat ataupun memang mudik ke Lahat. (korankito.com/rika)