PNS Kota Palembang Siap Sambut Lebaran

m-zulfan_20150806_183939

Palembang – PNS pemerintah kota (Pemkot) Palembang siap merayakan lebaran dengan suka cita. Pasalnya Pemkot memastikan jika seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) bakal memperoleh gaji 13 dan gaji 14 (THR) tahun ini sebelum hari raya idul fitri 1437 H.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M.  Zulfan mengungkapkan setelah pihaknya menerima Permenkeu tersebut, Kamis (23/6), yang tertuang dalam PMK Nomor 96 tahun 2016. “Aturannya baru saja kita terima, dalam aturan tersebut, baik itu gaji 13 maupun gaji ke 14 atau THR bagi PNS, dibayarkan dalam waktu dekat di bulan Juni ini,” ungkap dia.

Sekarang, lanjutnya paska menerima Permenkeu mengenai aturan terkait pencairan, proses selanjutnya pihaknya akan menunggu pendataan para PNS ini dan diserahkan ke SKPD sekaligus dibuatkan Surat Perintah Membayar (SPM). “Untuk pencairannya tergantung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing, kalau prosesnya cepat maka akan cepat pula pembayarannya. Namun kita perkirakan paling cepat pada 27-28 Juni melalui rekening gaji,” jelasnya.

Kepada Koran Kito, Zulfan mengakui, untuk total pembayaran gaji 13 tahun ini sebesar 72 Miliar dan THR sekitar 56 Miliar. Untuk pembayaran gaji 13 dan THR dilakukan terpisah karena jumlah pembayarannya berbeda. “Kalau gaji ke 13 sama dengan gaji pokok, sedangkan THR berbeda. Pembayaran tersebut memakai APBD kita. Untuk APBD 2016 ini ada 3,1 Triliun. Sementara untuk gaji dan tunjangan pegawai termasuk profesi guru saja sekitar 1,65 Triliun,” tukasnya.

Kembali kata Zulfan, untuk tenaga honorer akan disesuaikan dengan kebijakan SKPD terkait, mengingat gaji ke 13 dan THR, hanya untuk PNS. “Jumlah PNS saat ini di Palembang sekitar 15 ribu dan tenaga honorer sekitar 3.000. Untuk THR Honorer sesuai kebijakan dengan SKPD masing-masing,” pungkasnya. (korankito.com/eja)