Ramadhan, Omset Kirana Babyshop Naik

IMG-20160623-WA0002 (1)

Palembang – Tren berbelanja melalui internet atau yang lebih di kenal dengan belanja online, mulai meningkat sejak beberapa tahun ini. Berbagai toko online bermunculan di facebook. Aktivitas belanja online pun meningkat tajam. Bahkan para pemilik online shop pun bukan hanya melakukan aktivitas jual beli secara online saja, melainkan juga melayani pembeli yang datang langsung ke toko yang dijadikan tempat usaha secara offline.

Adalah Rusnani (29), pemilik salah satu online shop di Palembang. Rusnani yang sehari-hari berprofesi sebagai seorang guru SMA di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Palembang sudah hampir tiga tahun menggeluti usaha online shop. Usaha online shop yang diberinya nama “Kirana Babyshop” ini terinspirasi dari nama anaknya. Awalnya ibu satu anak yang sehari-hari di panggil Nanik ini sangat senang berbelanja baju online.

“Awalnya sangat suka beli baju untuk keponakan melalui online,” katanya, Kamis (23/6) saat di temui di tokonya yang berlokasi di depan rumahnya sendiri.

Dari hobinya berburu baju anak-anak tesebut. Lama-kelaman timbul keinginan untuk menjual sendiri apalagi teman-temannya minta tolong dibelikan seperti pakaian yang ia beli. Akhirnya Nanik pun memberanikan dirinya untuk mengambil barang langsung dari supplier di Jakarta untuk di jual lagi di Palembang.

“Lalu saya bilang ke teman-teman. Bagaimana kalau saya jual sendiri. Kalian beli harga jual sama saya. Dan teman-temannya pun setuju,” ujarnya.

Mulailah Nanik menjual pakaian. Khususnya pakaian untuk anak-anak. Menurut Nanik mengapa ia lebih memilih usaha menjual pakaian anak-anak, karena pangsa pasar penjualan baju ini sangat menjanjikan. Menjual pakaian tidak sama seperti menjual makanan. Pakaian yang belum laku terjual bisa di simpan, atau dijadikan kado untuk diberikan kepada anak-anak temannya yang merayakan ulang tahun. Bahkan bisa juga di pakaikan kepada anak sendiri.

“Saya selalu ingat pesan ayah saya, yang mengatakan jika ingin membuka usaha, upayakan hanya menekuni satu usaha saja seperti kalau menjual pakaian kalau mau jual pakaian anak-anak saja jangan di campur dengan yang lain. Dengan begitu kita bisa menekuni seluk beluk mengenai usaha yang kita jalankan dengan begitu akan lebih mudah mengertinya apalagi untuk berjualan melalui online shop ini akan banyak pertanyaan dari para calon pembeli,” ujarnya.

Berbagai jenis dan ukuran pakaian untuk anak-anak ia jual. Seperti setelah baju dan celana, hot pants, dress, mini dress, pakaian tidur, kaos kaki, sepatu dan masih banyak lagi baik untuk anak laki-laki dan anak perempuan. Pakaian yang ia jual pun dimulai dari usia 0-6 tahun. Nanik tidak hanya menjual dari teman-teman teman.

Mulai dari Facebook, Line, Instagram sampai dengan membuka di grup bbm dan Whatsaap (WA) Nanik melakukan aktivitas online shopnya. Bahkan Ibu dari Putri bernama Galuh Kirana Widyanata ini pun memberanikan diri untuk membuka gerai/toko online shop khusus menjual pakaian anak di depan rumahnya. Dengan ukuran 3×3 meter, gerai tersebut di beri nama Kirana Babyshop.

“Sudah hampir satu tahun dirikan toko ini. Yang mau datang langsung untuk lihat-lihat bisa langsung ke sini,” katanya.

Untuk harga sendiri, Nanik mengaku rata-rata baju anak yang ia jual harganya mampu bersaing dengan onlineshop yang lain. Untuk setelan anak laki-laki di mulai dari kisaran harga Rp. 50.000,- sampai dengan Rp. 120.000,-. Sedangkan untuk pakaian anak perempuan di patok mulai dari harga Rp. 35.000,- sampai dengan rp. 100.000,-. Lebih lanjut Nanik mengatakan, untuk penjualan di tokonya selama bulan puasa ini nanik mengakui mengalami peningkatan sejak awal puasa.

Jika pada hari-hari biasa omset penjualan baik secara online maupun secara offline berkisar Rp. 1.000.000,- per hari. Sejak awal ramadhan penjualan di tokonya meningkat 2x lipat dari hari biasanya. “Untuk lebaran ini, baju anak yang paling banyak di buru yakni baju koko, gamis, dress anak, mini dress, sepatu, kaos kaki dan topi,”bebernya.

Masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan pakaian anak-anak dari usia 0 bulan sampai dengan 6 tahun bila ingin datang langsung ke tokonya, bisa mendatangi ke alamat  : Jalan Sinaraga Lr. Tunggal No 71 RT 16 RW 003 Kelurahan 8 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang. (korankito.com/ria)