Hanya 500 Ribu, PNS Bisa Dapatkan Apartemen Setara Hotel Bintang Tiga

IMG-20160620-WA0028

Palembang – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus mensosialisasikan apartemen di kawasan Jakabaring kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel). Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman, dalam acara pembukaan sosialisasi  penjualan apartemen bersubsidi di jakabaring, Senin (20/6).

“Hanya dengan Rp. 500.000 sebagai tanda jadi, PNS Pemprov sudah bisa mendapatkan hunian nyaman berbentuk apartemen setara hotel bintang tiga,” ujarnya

Menurut Mukti, apartemen bersubsidi tersebut nantinya akan menjadi hunian yang nyaman karena terintegrasi dengan dengan fasilitas Light Rail Transit (LRT) serta dilengkapi dengan sarana prasarana yang mendukung lainnya. “Banyak kemudahan bagi PNS jika mengambil apartemen ini, akses transportasi dari bandara, pasar cinde dan mall dapat dengan mudah dijangkau dengan LRT,” jelasnya.

Pemprov juga akan melengkapi fasilitas lainnya seperti jaringan telpon, wifi, gas, air minum serta listrik. Sosialisasi ini untuk PNS di seluruh kabupaten/kota akan terus kita lakukan. Ini memang di luar perumnas, tetapi pemerintah akan menyiapkan itu.

Sementara itu General Manager Regionall II Perum Perumnas, Rohmad Budiyanto mengatakan tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk memberitahukan kepada PNS mengenai apartemen bersubsidi tersebut. Untuk memiliki hunian apartemen tersebut, ada kemudahan yang diberikan kepada  PNS yakni dengan hanya membayar uang muka Rp. 500.000 PNS sudah bisa memiliki hunian berkonsep apartemen.

“Tanda jadi hanya Rp500 ribu, sebagai keseriusan setelah itu baru melengkapi Administrasi, tetapi bila tidak lolos administrasi maka uangnya akan dikembalikan. Saat ini ada 3 bank yang sudah siap membantu dan bekerjasama dengann kita yakni Bank Sumsel-Babel, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia,”bebernya.

Ditambahkan Rohmad, apartemen diprioritaskan kepada PNS karena tanah apartemen adalah milik Pemerintah Provinsi. Bila sampai batas waktu yang ditentukan masih ada sisa maka bisa dijual ke masyarakat umum. “Kenapa apartemen di Jakabaring bersubsidi karena ini oiiidiperuntukkan bagi PNS karena tanah ini milik Pemprov Sumsel,” katanya.

Untuk mendapatkan apartemen ini, sambung Rahmad. “Persyaratannya PNS dengan gaji harus di bawah Rp. 7 juta dan belum pernah mengakses kredit perumahan rakyat (KPR), selain bebas ppn juga diberikan kemudahan uang muka hanya satu persen, tetapi jangan khawatir bagi PNS  telah memiliki KPR bisa tetap bisa mengambil apartemen tetapi tidak dapat subsidi,” katanya.

Terdapat dua tipe apartemen yaitu tipe studio dan satu bed  room. “Untuk tipe studio seluas 23,5 meter persegi dijual dengan harga Rp. 204 juta, untuk angsuran dalam jangka waktu lima tahun sebesar Rp. 3.811.234/bulan, untuk waktu kredit sepuluh tahun dapat diangsur Rp. 2.142.099/bulan, waktu kredit 15 tahun diangsur Rp.1.597.987/bulan dan dalam waktu 20 tahun dapat diangsur 1.332.847/bulan,” paparnya.

Sedangkan untuk dua bed room seluas 33 meter persegi, jelasnya “Harganya Rp. 284.727.000 dengan uang muka 2.847.270 kalau kredit dalam jangka lima tahun perbulannya dapat diangsur Rp.5.319.428, tetapi kalau 10 tahun itu Rp. 2.989.772/bulan, 15 tahun sebesar Rp.2.229.087/bulan, kalau 20 tahun kreditnya sebesar Rp.1.860.281/bulan,tetapi ini masih berupa penjualan apartemen kosong belum ada furniture dan isi lainnya,” terang Rohmad.

Apartemen yang terdiri dari 3 tower, untuk tower 1dan 2 setinggi 23 lantai dan tower 3 terdapat 22 lantai.”Untuk saat ini, apartemen ini akan menjadi tower tertinggi di sumsel dengan jumlah 2629 unit, ” ujarnya.

Darul EfendI Salah seorang konsumen mengaku tertarik dengan promosi yang diberikan oleh Perum Perumnas, “Kita belum pernah mengambil kpr, makanya dengan ada kesempatan ini kita ambil apartemen ini, dari promosinya apartemen ini sudah siap huni dengan fasilitasnya lengkap, tinggal masuk saja,” pungkasnya.(korankito.com/ria)