Cuti Bersama Dimulai 4, 5, Hingga 8 Juli

heri kurniawan

Palembang – Pemerintah Kota (Pemko) Palembang menghimbau Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk memanfaatkan libur lebaran semaksimal mungkin. Hal ini disampaikan Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Kurniawan, Rabu (15/6).

“Pemkot Palembang sudah menyebarkan surat edaran terkait masa cuti bersama untuk seluruh pegawai sejak awal Ramadhan kemarin,” katanya.

Menurut Kurniawan cuti bersama pegawai akan berlangsung dari tanggal 4, 5 hingga 8 Juli.  “Waktu libur pegawai ya panjang, bisa dimulai sejak tanggal 2 Juli karena itu hari Sabtu. Dan baru masuk kembali pada hari Senin tanggal 11 Juli,” ungkapnya.

Karena itu tambah Kurniawan tidak ada alasan bagi seluruh pegawai untuk memperpanjang libur. Seluruh pegawai harus memanfaatkan waktu libur yang relatif panjang tersebut semaksimal mungkin.

“Kalau memang mau mudik, bisa dari tanggal 2 Juli. Dan untuk pulangnya agar tidak kehabisan tiket bisa dipesan dari sekarang agar nantinya bisa masuk kerja sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Terkait sanksi, Kurniawan menyatakan sesuai dengan Undang-Undang (UU) tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur detail sanksi bagi pegawai, akan ada teguran secara lisan ataupun tulisan. Dan diharapkan semua pegawai sudah paham akan sanksi yang sudah ditetapkan.

Bahkan Pimpinan di tempat pegawai bekerja pun juga dapat memberikan sanksi berupa pengurangan tugas bagi pegawai. “Hilangnya kepercayaan bagi pegawai di instansi tempatnya bekerja juga berupa sanksi moral. Kita sudah ingatkan agar tidak ada yang mangkir dari jadwal masuk kerja usai lebaran,” ujarnya seraya memastikan pasti akan memperketat absensi di hari pertama bekerja tersebut. (korankito.com/ria)