Bisa Dipercaya

65 Persen Pengiriman Pempek Ke Pulau Jawa

IMG-20160616-WA0001

Palembang – Kepala Kantor Pos Besar Merdeka Palembang, Rody Herawan mengatakan memasuki hari ke 10 di bulan ramadhan ada peningkatan transaksi pengiriman di Kantor Pos Palembang. Antisipasi untuk persiapan menghadapi lonjakan pengiriman pun dilakukan PT Pos dengan menambah armada pengiriman dan penambahan jam kerja tenaga pengantar kiriman. Hal ini di maksudkan agar semua pengiriman bisa sampai tepat waktu.

Menurut Rody pihaknya tidak menyangka akan terjadi lonjakan pengiriman apakah itu kiriman ke luar (out going) maupun pengiriman yang masuk (incoming) ke kantor pos. Pasalnya seperti tahun-tahun sebelumnya perkiraan lonjakan pengiriman baru akan terjadi pada 20 hari menjelang lebaran.

Berita Sejenis
1 daripada 15

“Namun untuk tahun ini peningkatan pengiriman baik yang keluar maupun yang masuk sudah dimulai sejak awal bulan atau di awal pertama puasa,” katanya.

Bahkan untuk pengiriman kuliner khas Palembang seperti pempek mengalami tren peningkatan yang sangat signifikan. Jika pada hari-hari biasa, pengiriman kuliner pempek ke luar Palembang antara 5 sampai 8 ton setiap bulannya. Namun memasuki minggu ke dua di bulan ramadhan pengiriman pempek ke luar kota Palembang sudah mencapai 11,5 ton.

Kalau dihitung dari awal ramadhan sampai dengan hari ini, pengiriman kuliner pempek ke seluruh Indonesia sudah 11,5 ton. Itu artinya ada kenaikan lebih dari 50 persen dari pengiriman normal setiap bulannya,” ujarnya, Rabu (15/6) saat ditemui dikantornya.

Untuk wilayah pengiriman sendiri dominan pengiriman kuliner pempek ini ke pulau Jawa khususnya Jabodetabek. Setelah jabodetabek pengiriman yang paling banyak ke Bandung, Semarang, Jogjakarta dan Surabaya.

“Sebaran pengirimannya 65 pesen ada di pulau Jawa, 20 persen ada di Sumatera yakni Batam, Kepulauan Riau dan Medan. Nah sisanya itu pengiriman ke Kalimantan dan Ternate,” jelasnya.

Untuk pengiriman kuliner pempek ini, PT.Pos sendiri bekerja sama dengan 24 toko pempek yang ada di Kota Palembang diantaranya toko pempek Beringin, toko pempek Lince, toko pempek Selamat, toko pempek Pak Raden dan toko pempek Picco. Lebih lanjut Rody menambahkan pihaknya memprediksi puncak pengiriman akan ada di minggu ke dua dan ke ketiga atau mendekati lebaran.

Rody pun optimis pengiriman pempek ke luar Palembang akan tembus 100 persen di Minggu ke tiga, hal ini dapat dilihat dari tren pengiriman saat ini yang sudah tembus 11,5 persen di hari ke 10 di bulan Ramadhan.

“Untuk pengiriman sendiri kita masih menerima sampai H-4. Tapi setelah pengiriman kita tutup karena takutnya tidak sampai tepat pada waktunya,” tukasnya sembari mengatakan pengiriman akan kembali normal di H+10 setelah lebaran. (korankito.com/ria)