Bisa Dipercaya

50 Casis SONS Jalani Tes Wawancara

IMG-20160615-WA0003

Palembang – Sebanyak 50 peserta calon siswa Sekolah Olahraga Nasional Sriwijaya (SONS) menjalani tes wawancara di gedung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Rabu (15/6). Tes tersebut merupakan ujian tahap terakhir calon siswa untuk menjadi siswa resmi SONS Sumsel.

Menurut Syamsuramel selaku salah satu penguji menegaskan bahwa tes wawancara ini merupakan salah satu pendalaman dari calon siswa setelah menjalani tes fisik yang telah dilaksanakan Kamis (2/6) lalu.

Berita Sejenis

Dispora Luluskan 27 Siswa SONS

“Kita ingin mendalami prospek dan potensi mereka. Selain itu, visi dan misi mereka sebagai atlet juga diperlukan. Hal ini penting, sebab ada yang hanya ingin bersekolah di SONS saja. Padahal kita ingin menjadikan mereka atlet tingkat Nasional,” ujar Syamsuramel ketika diwawancarai.

Selain memeriksa psikologi dan kepribadian, tim seleksi yang beranggotakan lima orang tersebut juga menverifikasi berkas-berkas yang dibawa oleh calon atlet. Berkas tersebut merupakan kelengkapan administrasi mereka dalam mengikuti tes wawancara hari ini. “Kita juga kan koordinasi dengan KONI, kita cek beneran ada gak kejuaraan yang diikuti oleh mereka,” ujarnya lagi.

Tes wawancara ini merupakan tes terakhir dari alur penerimaan siswa baru SONS Sumsel sebelum pengumuman terakhir di website Dispora Sumsel 20 Juni nanti. Mau tidak mau, pasti akan ada eliminasi. “Pasti ada yang dieleminasi. Tadi saja ada yang dieleminasi karena pendengaran dan penglihatannya kurang,” tegasnya.

Sementara itu Kasi Lembaga Keolahragaan dan Iptek Hj. Rusdiana mengungkapkan bahwa proses wawancara ini sebelumnya telah mengeleminasi beberapa orang dari tahap awal. “Awalnya yang mengirimkan lamaran 91 orang, kemudian seleksi administrasi menjadi 54 casis, ketika tes fisik yang datang 52 casis. Setelah tes fisik ada yang dieleminasi hingga terakhir menjadi 50 casis.” tuturnya.

Meskipun dirinya memastikan adanya eliminasi usai tes wawancara ini, ia mengatakan tidak ada batas minimal bangku untuk SONS. “Kita sudah lihat minat dan bakat dari calon-calon siswa tadi. Tapi kita tidak punya kuota, kita lihat yang benar-benar saringan,” ujarnya.

Setelah ini ia mengatakan tidak ada tes lagi. Yang ada ialah pengumuman siapa yang terpilih menjadi siswa resmi SONS yang akan diumumkan di Website resmi Dispora Sumsel. “Tanggal 20 Juni pengumuman terakhirnya. Setelah itu bagi yang diumumkan masuk, diwajibkan mengumpulkan berkas-berkas yang diminta,” tutupnya. (korankito.com/resha)