Happy Jadi Nyai Ontosoroh

 

happy salmaLama tak terdengar kabarnya, Happy Salma ternyata sibuk mempersiapkan karya teater terbarunya. Setahun lebih ‘menghilang’, kini sang artis siap hadir dengan ‘Bunga Penutup Abad’.

Pementasan teater yang diproduserinya ini, adalah adaptasi novel tetralogi Pramoedya Ananta Toer. Yakni mulai dari Novel ‘Bumi Manusia’ hingga ‘Anak Semua Bangsa’.

Lalu kenapa harus novel karya Pram? Happy menilai Pramoedya Ananta Toer adalah satu-satunya penulis Indonesia yang berkali-kali menjadi kandidat peraih Nobel Sastra. Belum ada yang sanggup menggantikannya.

Terbukti, kurang lebih 200 buku Pram sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia.

“Kebesaran melalui karyanya yang ingin saya sampaikan kepada generasi muda saat ini. Kebesaran ini pula yang ingin kami apresiasi dalam bentuk teater,” tuturnya di Jakarta, beberapa hari lalu.

Pementasan teater yang dimaksud tadi, akan akan berlangsung dua hari di Gedung Kesenian Jakarta pada 25 Agustus dan 26 Agustus mendatang.

Kata Happy, melakoni peran sebagai Nyai Ontosoroh sangat menantang buatnya. “Butuh penghayatan sebab peran ini sangat luar biasa,” tutupnya. O adi