Bisa Dipercaya

Selama Ramadhan, 4 Kasus Kebakaran di Palembang

IMG_20160613_113015_AO_HDR

Palembang – Selama bulan ramadhan, kasus kebakaran  di kota Palembang cukup tinggi. Tercatat sudah ada empat kasus kebakaran yang sebagian besar penyebabnya arus pendek listrik dan sebagian lainnya akibat kelalaian masyarakat itu sendiri.

Menurut Edison selaku kepala dinas kebakaran kota, dari data yang ada disinyalir telah terjadi 4 kasus kebakaran selama ramadhan dari total 64 kasus sejak januari hingga juni 2016 ini. “Selama bulan ramadhan sudah ada 4 kejadian, kalau dari januari sampai juni ada 64 kejadian kebakaran. kebanyakan hal ini terjadi akibat arus pendek listrik,” ungkapnya saat menghadiri acara pemberian bantuan korban kebakaran tahun 2015 lalu di kecamatan IT II, Senin (13/6).

Berita Sejenis

Ruko Mie Ayam Terbakar

Ditinggal Mudik, Satu Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah

Ruko Dua Lantai Nyaris Ludes Terbakar

1 daripada 16

Ia mengungkapkan, jika kebakaran tidak terlalu rentan terjadi dan itu bisa dicegah oleh masyarakat itu sendiri dengan mematikan kompor, mematikan obat nyamuk bakar dan mencabut instalasi listrik yang tidak dipergunakan sebelum meninggalkan rumah. “Masyarakat harus jeli sebelum meninggalkan rumah. Matikan semua benda yang dapat mengeluarkan api dan cabut instalasi listrik yang tidak perlu,” ujarnya.

Menurutnya, dari 4 kasus kebakaran yang terjadi dua diantaranya terjadi karena arus pendek. jadi masyarakat harus memperhatikan instalasi listriknya sebagian besar kebakaran akibat arus pendek. Mengingat aktivitas yang meningkat dan seringnya beribadah keluar rumah saat bulan ramadhan sehingga lupa dengan kondisi dapur.

Pihaknya mengakui jika dinas pemadam kebakaran kota Palembang telah menyiapkan 27 unit mobil pemadam kebakaran yang siap sedia melayani masyarakat kota Palembang jika dibutuhkan. “1 kali 24 jam 27 unit mobil kebakaran stand by jika ada kejadian. Pantang pulang sebelum padam karena nyawa taruhannya,” tegasnya.

Senada, Kasi Operasional Gawat Darurat Dinas Kebakaran kota Palembang Fahmy membenarkan jika memang ada 4 kasus kebakaran di kota Palembang yang terjadi selama bulan ramadhan. “Ada 4 kasus kebakaran yang terjadi di Palembang selama ramadhan yaitu di jalan Kolonel Burlian, Tangga Takat, Angkatan 45 dan jalan Mujahidin (26 ilir),” kata dia. (korankito.com/ejak)