Pangdam II/Sriwijaya Sambut Pasukan Pengamanan Perbatasan

CIMG2693Palembang-Kepulangan 449 personel TNI dari Yonif 142 Karya Jaya, disambut Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Purwadi Mukson, Senin (13/6).

Setelah selama 10 bulan bertugas di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini untuk pengamanan perbatasan, mereka akan kembali pada satuannya masing-masing.

Mayjen TNI Purwadi Mukson mengatakan, dirinya bangga terhadap prajurit yang telah kembali dari tugas mulia tersebut. Panglima juga menghormati para prajurit yang tetap setia menjaga kedaulatan NKRI.

“Tugas itu tidak mudah, tapi mulia. Apalagi wilayah tersebut sangat strategis. Belum lagi gangguan separatis bersenjata yang akan mengganggu keamanan, akan membuat tugas ini semakin sulit,” ujarnya.

Selain mengucapkan terima kasih, ia juga berpesan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan dan memilah informasi apa saja yang telah didapat dari perbatasan. Sebab tidak semua pengalaman yang didapat bisa disebarluaskan kepada umum.

“Jaga rahasia itu, apalagi tentang rahasia prajurit. Tidak semua yang didapat bisa diceritakan pada orang lain,” tegasnya.

Sementara itu Komandan Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan Yonif 142/Karya Jaya I Nyoman Yudhana mengatakan, bersyukur bisa pulang dengan selamat. Ia bersama rekan-rekan yang lain tidak ada hambatan selama bertugas di tepatnya Kabupaten Merauke tersebut.

“Kami bisa menyesuaikan diri dengan kondisi dan wilayah tersebut. Kami membiasakan diri dengan adat di sana. Sehingga mereka bisa menerima kita, kita juga menerima mereka,” ujar Dansatgas berpangkat Letnan Kolonel ini.

Selama di sana selain menjaga keutuhan dan keamanan di wilayah perbatasan Indonesia. Ia dan rekan-rekannya juga membantu masyarakat mulai dari mendirikan gereja, ikut mengajar sekolah, memperbaiki gedung sekolah yang rusak sampai membangun instalasi air.(korankito.com/resha)