Korban Kebakaran IT II Terima Bantuan Walikota

IMG_20160613_111656_AO_HDR

Palembang – Sebanyak 51 kepala keluarga (KK) dari 7 kecamatan se-kota Palembang yang tertimpa musibah kebakaran beberapa waktu lalu, mendapatkan bantuan dari Walikota Palembang Harnojoyo. Bantuan yang diberikan berupa baperstok yang berisikan 14 kebutuhan pokok.

Menurut Harnojoyo, bantuan yang diberikan adalah bantuan kepada korban kebakaran di akhir tahun 2015 lalu.  Bantuan ini setelah dilakukan penganggaran dalam APBD kota Palembang tahun 2016.

“Total ada 51 KK yang menerima bantuan dana ada Rp1 juta dan Rp 2.750.000 dari dana APBD kota Palembang tergantung kerusakan yang dideritanya. Selain itu juga ada bantuan berupa baperstok dengan 14 item perpaketnya diantaranya ada panci, selimut, rantang, makanan dan lain-lain. Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah jadi jangan dilihat nilainya tapi makna kepeduliannya,” ungkap Harnojoyo di Balai Kecamatan IT II Palembang, Senin (13/6).

Ia pun berharap agar masyarakat yang mengalami atau yang tertimpa bencana agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Semoga apa yang kita (Pemkot) hari ini berikan dapat menjadi motivasi bagi warga tersebut. “Kami berdo’a apa yang di ambil Allah kalau kita sangat berusaha dan menginginkannya maka akan diberikanNya berlipat ganda,” harapnya.

Harnojoyo juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat terutama saat bulan ramadhan dan menjelang lebaran tentu aktivitas terkait dengan dapur sangat tinggi. Apalagi disaat sahur kita sering lalai, pengalaman lalu sering terjadi kebakaran pada saat atau setelah sahur. “Pastikan kompor sudah mati sebelum memulai aktivitas lain, obat nyamuk juga sudah mati dan jangan sekali-sekali mencoba merubah arus listrik,” himbaunya kepada masyarakat kota Palembang.

Senada, Camat IT II Palembang Syahiruligama menambahkan, jika ini adalah program pemerintah dan kementerian sosial, ia hanya menjadi tuan rumah saja karena kebanyakan korban kebakaran adalah warga 10 ilir dimana itu adalah bagian dari kecamatan IT II. “Kami hanya menyediakan tempat saja, sebenarnya ini acara pemkot dan kementerian sosial. Hal ini karena 30 KK dari 51 KK korban kebakaran adalah warga kecamatan IT II,” jelasnya kepada Koran kito.

Dari 30 KK korban kebabaran 24 diantaranya menerima bantuan sebesar Rp 2.750.000 karena rumah atau bangunannya hancur total, sedangkan 6 KK lainnya hanya menerima bantuan dana sebesar Rp1 juta rupiah karena hanya rusak sebagian. “24 KK yang bangunannya rusak total menerima dana Rp. 2.750.000 sedangkan yang rusak sebagian hanya menerima Rp1 juta rupiah. Selain itu mereka juga menerima bantuan lainnya berupa makanan, rantang, panci, selimut dan lain sebagainya,” pungkasnya. (korankito.com/ejak)