Bisa Dipercaya

Imigrasi Klasi I Palembang, Amankan WNA

Jpeg
Palembang – Imigrasi Klas I Palembang, yang terletak di Jalan Pangeran Ratu Jakabaring, berhasil mengamankan satu Warga Negara Asing (WNA) yakni Sandanam Ratnavel (34) warga negara Srilanka, di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Jum’at (10/6) sekitar pukul 13:00 WIB.

Kasi Informasi dan Sarana Informasi Kantor Imigrasi Klas I Palembang, Sarwono Toetoeg Indrijanto mengatakan, penemuan adanya orang asing ini, hasil kerjasama tim Pora (pengawasan orang asing).

“Ketika ditangkap, memang benar dia bisa menunjukan paspor Prancis, tapi saat kita lakukan penggeledahan terhadap dirinya, kita menemukan kembali satu paspor Srilanka di dalam tas miliknya,” ucapnya saat ditemui di ruang tahanan Imigrasi Klas I Palembang, Senin (13/6).

Berita Sejenis
1 daripada 3.098

Dari situlah, pihak Imigrasi langsung mengamankan Sandanam untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Berdasarkan hasil dari pemeriksaan, dia mengatakan kalau datang dari Singapura hendak menuju ke Prancis, tapi mampir ke Palembang ini, hanya untuk transit saja,” imbuhnya.

Lanjut Sarwono, saat ini pihaknya masih mendalami pengakuan WNA yang mengaku dari negara Srilanka itu. Termasuk, juga mengumpulkan keterangan dan mengecek keabsahan dua paspor yang dibawa oleh Sandanam.

“Kita masih mendalami dan penyelidikan kepemilikan paspor itu. Pengumpulan keterangan WNA tersebut, masih dilakukan. Kalau, nantinya memenuhi unsur tindak pidana imigrasi, jelas yang bersangkutan akan dibawa ke pengadilan untuk segera disidang,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pengawasan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Jompang menambahkan, selama tahun 2016, pihaknya mengamankan sedikitnya lima WNA. Namun, saat ini masih tiga WNA yang masih ditahan oleh pihak Transmigrasi Klas I Palembang.

“Dua orang sudah kita proses. Sementara tiga orang lainnya yakni dua warga Malaysia dan satu warga Srilanka yang baru saja diamankan, masih kita kumpulkan keterangannya dan kita dalami kasusnya,” timpalnya. (korankito.com/denny)