BBM Diretas, Eldika Lapor Polisi 

IMG_20160613_113627

Palembang – Sial yang dialami Eldika Zainudin (46) warga Jalan PDAM Tirta Musi, Kelurahan Bukit Kecil, Kecamatan Ilir Barat (IB) I Palembang. Gara-gara membuka  dari kiriman teman Blackberry Massenger (BBM), ia harus merelakan akun BBM miliknya diretas oleh orang lain.

Bahkan, setelah dibajak akun BBM miliknya itu, digunakan oleh orang yang tak dikenal untuk meminjam uang kepada teman-temannya yang ada di akun BBM tersebut. Khawatir, terjadi sesuatu yang tak diinginkan, membuat Eldika melaporkan kasus ini ke Polresta Palembang, Senin (13/4) siang.

Didepan petugas piket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang, Eldika mengatakan kejadian bermula saat ia mendapatkan kiriman alamat situs website dari temanya. Lantaran iseng, ia pun langsung saja membukanya.

Namun, saat membuka alamat situs website tersebut, meminta konfirmasi id serta kata sandi akun BBM miliknya tersebut. Tak berpikir panjang, pria yang tercatat sebagai pegawai Bank Sumsel Babel (BSB) Ini langsung saja mengkonfirmasi akun miliknya.

“Sebenarnya, sudah tiga kali teman saya itu mengirimkan link, tapi baru semalam yang saya buka, hanya sekedar iseng saja. Ketika dibuka alamat situs website itu minta id dan password akun BBM, jadi langsung saja saya masukan,” katanya didepan petugas SPKT.

Akan tetapi, setelah diberikan Id dan password BBM, video tersebut tetap saja tidak dapat diputar. “Setelah dimasukkan, ternyata video itu tetap tak bisa dibuka, karena menganggap biasa saja, jadi saya biarkan, dan saya letakkan handphone saya,” tambah Eldika.

Ia baru mengetahui kalau akunnya sudah dibajak oleh seseorang, setelah menerima telepon dari temannya. Dimana temannya mengatakan kalau dirinya ingin meminjam uang karena sedang terdesak keperluan yang mendadak.

“Kalau tidak salah, ada lima orang yang menelpon saya. Katanya sata mau pinjam uang, padahal tidak sama sekali. Termasuk istri saya juga dikirimkan BBM yang sama, untung saja mereka terlebih dahulu mengkonfirmasi kepada saya, kalau tidak sudah ada yang jadi korban,” jelasnya.

Tak ingin terjadi sesuatu, membuat Eldika berinisiatif untuk memberikan informasi kepada teman-temannya agar tidak mengirimkan uang jika ada yang meminjam uang. “Untuk sekarang ini memang belum ada korban, namun saya khawatir saja, makanya saya melapor. Sekarang akun BBM saya tidak dapat digunakan lagi,” ungkapnya.

Sementara Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Maruly Pardede SIk MH mengatakan, jika laporan korban sudah diterima dengan no. LP/ B-1589/ VI/ 2016/ Sumsel/ Resta dan akan segera ditindaklanjuti. “Unit Pidana Khusus Sat Reskrim Polresta Palembang akan menangani kasus tersebut,” terangnya. (korankito.com/denny)