Bisa Dipercaya

Antisipasi Pengemis Masuk Palembang

IMG_9373

Palembang – Eksodus pengemis dari daerah ke Kota Palembang pada Ramadhan tahun ini diperkirakan meningkat, untuk itu Dinas Sosial (Dinsos) Sumatera Selatan (Sumsel) meminta Dinsos kabupaten dan kota ikut mengawasi pergerakan para peminta-minta itu.

Kepala Dinsos Sumsel, Apriyadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kabupaten/kota untuk mengawasi agar anak jalanan yang ada didaerah tidak eksodus ke Palembang pada saat Ramadhan.

Berita Sejenis

Pemkot Lubuklinggau: Pasang Spanduk Larang Beri Sumbangan…

Dewan Godok Raperda Anak Jalanan

Dinsos Buka Hotline Pengaduan

1 daripada 2

Ia juga mengimbau agar masyarakat jika ingin memberikan sedekah sebaiknya disalurkan melalui tempat yang telah ditunjuk untuk menerima zakat atau sedekah masyarakat. Hal itu agar apa yang disedekahkan tidak disalahgunakan. ‘’Kami telah melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi banyaknya anak jalanan yang akan datang ke kota besar seperti Palembang untuk meminta-minta baik di jalanan maupun datang kepemukiman masyarakat,” katanya.

Selain itu ia juga menghimbau kepada panti asuhan juga ikut berperan mengawasi anak asuhnya, dan diharapkan tidak melepas anak-anaknya keluar untuk meminta sumbangan. Karena hal tersebut dilarang dan tidak diperbolehkan oleh pemerintah.

Lebih lanjut ia juga berharap agar pemerintah kota secara inten juga terus melakukan pengawasan dan razia di tempat yang dianggap menjadi titik kumpulnya anak jalanan untuk meminta memanfaatkan Ramadhan. “Biasanya titik kumpul anak-anak jalanan itu ada di tempat seperti lampu merah, masjid serta masuk kepemukiman dan perkantoran, nah tempat ini akan menjadi pengawasan yang akan kita tertibkan,” pungkasnya.

Sementara itu, komunitas Ketimbang Ngemis Palembang (KNP) menggelar bakti sosial dengan tema ‘Berbagi Kebaikan Dengan Sosok Mulai Inspiratif KNP dan Anak Yatim Piatu panti asuhan’ di Palembang, pada 18 Juni 2016.

Menurut Humas KNP, Hardi, komunitas ini bergerak dibidang sosial dan berusaha membantu mereka yang memilih untuk bekerja secara halal meskipun dihimpit keterbatasan. ‘’Bakti sosial itu kami gelar sekaligus memperingati terbentuknya komunitas ini yang pertama. Acaranya selain syukuran dirangkai pula dengan acara mini charity concert, pemberian paket sembako, donasi berupa paket alat tulis sekolah dan uang santunan untuk adik-adik yatim piatu/dhuafa, tausyiah dan diakhiri dengan buka puasa bersama,’’ tuturnya.

Selain itu, tambahnya, KNP akan mengundang semua sosok mulia inspiratif yang selama satu tahun ini telah memberikan inspirasi dan motivasi. ‘’Mereka adalah sosok yang memberikan teladan kepada kita untuk terus semangat bekerja dan pantang menyerah dalam kehidupan sehari- hari tanpa harus meminta-minta,” ungkapnya

Hardi juga mengungkapkan, bagi masyarakat yng hendak partisipasi bisa mengirikan donasi ke rekening Bank BNI 0289131433 atas nama Khairunnisa. Serta KNP juga siap jemput donasi dengan kontak Vandi (082373995156) dan Muzaki ( 081223346647). (korankito.com/ria)