Menteri PUPR dan Gubernur Sumsel Lakukan Groundbreaking Rusun Umum Jakabaring

2(1)

Palembang – Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI), DR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc dan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin, Kamis (9/6) sore melakukan Groundbreaking pembangunan dan Launching pemasaran Rusun Umum di Jakabaring.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya sangat mendukung dilakukannya groundbreaking rusun umum yang dibangun di Jakabaring. “Saya sangat mendukung hal ini karena pembangunan rusun umum ini sangat banyak manfaatnya. Bahkan untuk sementara waktu ini rusun umum ini akan dijadikan wisma atlit selama penyelenggaraan asian games 2018 nanti,” katanya.

Untuk mempercepat pembangunan Rusun umum ini pihaknya akan mempermudah perizinan. “Saya lihat belum ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka dari itu saya akan meminta kepada Walikota Palembang, Harnojoyo untuk segera mengeluarkan IMB,” ujar Alex Noerdin.

Menteri PUPR RI, DR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono MSc mengatakan, dirinya sangay menyambut baik terdapatnya proyek nasional yang tidak membebankan APBN. “Pembangunan seperti ini seharusnya atau seyogyanya dapat juga digulirkan di wilayah lainya guna untuk mempercepat program sejuta rumah yang telah kami canangkan,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkannya, dengan menjalin sinergi dengan Pemerintah daerah dalam hal penyediaan lahan dan perizinan serta sektor perbankan dalam hal perdananya, program sejuta rumah dan penanganan Backlog perumahan akan dapat terealisasi kedepannya. “Saya berharap proyek pembangunan Rusun Umum di Jakabaring palembang ini dapat menjadi contoh bagi provinsi lainnya,” ungkap Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Perumnas, Himawan Arif Sugono menambahkan,  bahwa Perum Perumnas hari ini meresmikan dan meluncurkan pendaftaran perdana pemesanan Rumah Susun Jakabaring bersama dengan Pemprov Sumsel yang didukung oleh kementerian PUPR dan Kementerian BUMN. “Pembangunan Rusun Umum ini kita targetkan akan rampung pada 2017 nanti atau sebelum perhelatan Asian Games,” ujarnya.

Rusun Umum yang dibangun ini akan mampu menampung sekitar 2.600 unit hunian dan akan terhubung langsung dengan Light Rail Train(LRT) serta jalan Musi IV. “Kawasan hunian atlit yang berkonsep rumah susun umum yang tidak membebankan APBN dalam pembangunan ini akan menjadi yang terbesar dan terintegrasi di Palembang. Serta juga akan menjadi icon baru untuk kota palembang di sisi pengembangan kawasan,” ungkapnya. (korankito.com/resha)