Apartemen Jakabaring Bakal Jadi Hunian Terbaik

3(1)

Palembang – Sedikitnya 348 unit hunian kamar Apartemen Jakabaring telah dipesan oleh PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, saat launching dan groundbreaking Apartemen Jakabaring oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Basuki Hadi Mulyo, Kamis (9/6).

Menurut Basuki, Apartemen Jakabaring ini merupakan inovasi baru lantaran terletak dikawasan pusat olahraga atau Jakabaring Sport City (JSC) yang merupakan ikon Kota Palembang. Menurut dia, pembangunan Apartemen Jakabaring ini merupakan kejelian dari Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, dalam mengambil peluang mengupayakan fasilitas pendukung Asian Games.

“Beliau (Alex Noerdin, red) banyak sekali inovasi. Dengan cara optimisme pembangunan ke depan, kami mendukung penuh ini terlebih lagi bersamaan dengan program sejuta rumah Presiden RI, Joko Widodo, untuk memberikan masyarakat tempat tinggal yang berkualitas,” ungkap Basuki.

Basuki juga memuji kawasan Jakabaring yang mempunyai konsep pembangunan kota kedepan, serta mendukung keinginan Presiden bahwa tiap-tiap kota harus punya ciri khas tersendiri. Seperti kawasan Jakabaring yang menjadi pusat Kota Olahraga

“Ini juga konsep Pak Jokowi. Satu kota punya ciri khas. Palembang punya Sport City, maka harus diarahkan pembangunan sebagai ikon Palembang, kami juga mendukung penuh apa yang dijadikan cita-cita Pak Alex,” kata Basuko.

Ditambahkan dia, apartemen ini merupakan salah satu solusi bagi calon penghuni yang menghadapi kekurangan tempat hunian, karena saat ini dilihat bahwa adanya ketimpangan (tidak merata, red) wilayah dan juga terjadi kepada keluarga, sehingga mereka hanya bisa ikut keluarga lainnya untuk tinggal seperti PNS.

“Kita juga ingin menyediakan fasilitas PNS yang lebih baik. Bagi Pns yang belum punya rumah ini merupakan satu kesempatan, untuk mempunyai hunian berkualitas bintang tiga plus. Dengan harga murah, dengan lingkungan yang ditata dengan baik, kalau ada yang mempunyai hunian ini salah satu kesempatan diberikan Pak Gubernur,” paparnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Alex Noerdin menyebut, Rumah Susun Umum yang dibangun ini layaknya disebut apartemen. Betapa tidak, dengan 23 lantai standar memenuhi kualitas OCA, bintang tiga plus dengan mempunyai jumlah kamar sebanyak hampir 2.700 hunian, enam tower dengan tiga blok.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Basuki, karena paling berjasa pembangunan infrastruktur di Palembang. Apa yang kami minta 100 persen disetuju,” ucap Alex.

Kepentingan pembangunan ini, dikatakan Alex, semata-mata untuk rakyat Sumsel dan juga untuk kepentingan negara dan berimbas kepentingan seluruh rakyat Indonesia karena akan mendapatkan pujian dan perhatian dari negara-negara lain. Alex menambahkan, pembangunan ini juga akan merubah lifestyle atau gaya hidup dari warga Palembang khususnya dan warga Sumsel umumnya.

Terpisah, Direktur Utama Perumnas, Himawan Arief Sugoto mengatakan, peresmian dan launching Rumah Susun Umum atau Apartemen Jakabaring ini bertujuan untuk membangun rumah susun milik yang standar apartemen yang mengikuti standar OCA.

“Nantinya dipakai pada kegiatan Asian Games untuk menyediakan wisma Atlet. Disini akan terkoneksi dengan pembangunan LRT, sehingga akan sangat mudah menuju ke lokasi,” ungkap Himawan. (korankito.com/resha)