Sambut Lebaran, BI Sumsel Siapkan 4,3 Triliun

IMG_20160607_162309_1465332301577

Palembang – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Selatan telah menyiapkan dana Rp 4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang oleh masyarakat dalam menyambut Lebaran 2016.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VII Hamid Ponco Wibowo mengatakan,  proyeksi kebutuhan uang tahun ini mengalami penurunan sebesar 4,8 persen dibandingkan realisasi tahun 2015 lalu. Namun jumlah itu sesuai dengan proyeksi kebutuhan perbankan yang melayani penukaran uang.

“Tahun ini untuk kebutuhan uang ramadan dan idul fitri mengalami penurunan. Jika tahun lalu proyeksi BI Rp 3,3 Triliun dengan realisasi Rp 4,5 Triliun, kini proyeksi kebutuhan uang hanya Rp 4,5 Triliun,” katanya didampingi pimpinan wilayah BRI, Mandiri dan BCA, Selasa (7/6)

Ia menjelaskan penurunan tersebut dikarenakan Bank Indonesia sudah tidak lagi mencover penyediaan uang untuk wilayah Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung.

Alokasi untuk Pangkal Pinang saat ini diambil alih oleh Kantor Perwakilan BI yang ada di Pangkal Pinang. Jadi saat ini Bank Indonesia Wilayah Sumsel fokus penyediaan uang di wilayah Sumsel saja.

“BI optimis bahwa proyeksi ini akan mendekati kebutuhan, tapi jika ada kekurangan BI siap menambah. Bahkan penyediaan uang tersebut juga termasuk untuk pembayaran gaji ke 13 dan ke 14,” kata dia.

Selain itu juga Ia menambahkan, BI telah bekerja sama dengan 47 outlet perbankan untuk memberikan penukaran pecahan uang dibawah Rp 20 ribu kepada masyarakat yang akan melakukan penukaran uang kecil. Kerja sama ini sudah terjalin sejak tiga tahun ini dan secara efektif telah mengurangi antrian penukaran uang di Bank Indonesia.

Senada di sampaikan Kepala Bank Mandiri Wilayah Sumbagsel Riduan yang mengatakan kegiatan penukaran uang menjelang Lebaran ini sudah menjadi kegiatan rutin pihaknya untuk melayani masyarakat.

“Mandiri siap memberikan layanan ke masyarakat dengan menyiapkan Rp 350 miliar. Masyarakat silakan datang ke seluruh kantor layanan pada jam kerja,” kata Riduan. (korankito.com/ria)