Rajin Melihat Video

Jpeg

Palembang – Satu diantara taktik yang diterapkan Pelatih Sriwijaya FC (SFC) Widodo C. Putro ialah dengan menonton video. Namun bukan asal video, melainkan video yang diambil usai pertandingan. Pelatih asal Cilacap ini selalu meminta dua video kepada manajemen, yaitu satu pertandingan terakir timnya dan satu video pertandingan terakhir tim yang akan jadi lawannya.

Ia selalu melakukan hal demikian setiap kali pertandingan usai dilakoni anak asuhnya. Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk mengevaluasi tim yang dibesutnya dengan cara pandang yang lain. Dari video ia bisa melihat apa-apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan timnya. “Saya selalu membedah, setelah saya saksikan saya ajak tim untuk menonton. Kita diskusi satu persatu, baik pertahanan, aliran bola hingga serangan,” ungkapnya.

Ia yakin jika dengan diskusi dan komunikasi yang terbuka antara pemain dan pelatih, maka ia bisa membangun kerja sama yang baik. Hal itu jauh lebih baik ketimbang menerangkan langsung kepada pemainnya. Selain itu dengan menonton bersama, mereka jadi lebih tau kelemahan dan kelebihan lawan meskipun bakal lawannya akan kembali berlatih menutupi kelemahannya.

“Jika kita ingin menang, kita harus belajar dengan sungguh-sungguh. Kami berusaha untuk itu. Jika kami lengah, kami akan tertinggal, dan saya yakin motivasi temen-temen pemain sama yakni meraih hasil terbaik disetiap pertandingan. Makanya kami belajar dari semua hal,” pungkasnya. (korankito.com/resha)