Bisa Dipercaya

Pemkab Lahat Apresiasi Warga Pendatang

Pemkab Lahat Apresiasi Warga Pendatang

Lahat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat memberikan apresiasi kepada warga pendatang seperti suku Jawa, Sunda, Batak dan lainnya yang membawa tradisi, seni dan kebudayaan ke Bumi Seganti Setungguan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Nasrun Aswari menegaskan, semua kebudayaan dan seni bumi pertiwi ini harus dikembangkan dan dilestarikan. Sebab, tidak saja akan memperkaya kesenian namun keberadaanya akan menambah pengetahuan dan mempererat tali silaturahmi sesama warga.

Berita Sejenis
1 daripada 28

“Kesenian salah satu budaya yang akan menjadikan kehidupan kita seimbang. Seni sudah mempersatukan kita sebagai anak bangsa. Untuk itu kepada semua lapisan masyarakat termasuk pendatang terus kita jaga dan kembangkan seni dan budaya,” paparnya seusai menyaksikan pertunjukkan kuda lumping dalam acara bakti sosial di Desa Cempaka Wangi, Kecamatan Merapi Timur, Ahad (5/6).

Menurutnya, warga Lahat tidak tahu dengan kuda lumping kalau bukan karena warga Jawa. Ia juga berharap warga pendatang bisa pula mempelajari budaya dan kesenian Lahat, dengan demikian akan ada ‘transaksi’ kebudayaan. Dalam kesempatan tersebut, Nasrun juga didaulat sebagai pembina atas kepedulian dan dukungan terhadap kesenian di Lahat.

Sementara itu, Kepala Desa Cempaka Wangi, Sutio Hariyadi  menyambut baik pernyataan Sekda Lahat, pihaknya siap menghormati dan melestarikan budaya Lahat, budaya daerah lainnya serta tradisi seni atau budaya asal (Jawa). “Ya kita bersyukur kesenian dan budaya yang kita bawa dari Jawa sangat didukung Pemkab Lahat,” ujar Sutio Hariyadi.

Ia menambahkan, dengan menghormati budaya dan kesenian berarti menghargai peradaban dan pertanda sebagai bangsa yang maju. (korankito.com/rika)