Kerja Bakti Pemkab Lahat Buka Akses Dua Desa

Sekda Lahat, Nasrun Aswari SE MM mengenakan blankon didampingi jajaran SKPD, anggota Polres Lahat, Danramil Merapi Timur dan warga saat meninjau jalan yang akan dibangun.

Harapan baru tampak di depan mata, setelah hiruk deru mesin alat berat serta cakap sejumlah orang yang sejak pagi meratakan jalan tanah yang menghubungkan Desa Lematang Jaya dengan Cempaka Wangi, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, akhir pekan lalu.

Ratusan warga kedua desa datang berbondong lalu berbaur ke tengah jalan tanah liat itu, membantu tanpa pamrih, mereka bersama melakukan gerakan kerja bakti membangun jalan yang menghubungkan Desa Lematang Jaya dengan Cempaka Wangi. ‘’Jalan baru itu begitu penting sebab sudah puluhan tahun kami sulit bersilaturahmi dengan warga Cempaka Wangi, soalnya jalan yang menghubungkan kedua desa putus,’’ ujar Tono (45) warga Desa Lamatang Jaya.

Tono benar, kondisi akses jalan yang tidak bisa dilewati lantaran rusak dan berlumpur menjadikan warga Desa Lematang Jaya dan Cempaka Wangi kesulitan untuk bertemu. Bukan cuma itu, warga juga disulitkan untuk berurusan baik ke kecamatan maupun ke Kota Lahat. Selama ini, warga terpaksa harus menempuh jalur memutar yang memakan jarak tempuh sekitar 3 kilometer.‘’Dulu pernah ada namun cikalbakal jalan, karena masih tanah liat maka ketika hujan berlumpur dan lambat laun dipenuhi semak belukar,’’ papar Tono lagi.

Sedangkan Kepala Desa Cempaka Wangi, Sutio Hariyadi mengungkapkan, kerusakan yang menghubungkan dua desa sangat melumpuhkan aktivitas warga. Baik dalam menjalankan roda perekonomian, pendidikan, maupun bersosialisasi antara kedua warga. “Jika harus memutar bisa tiga kilo pak. Makanya kita sangat bersyukur telah diperbaiki dan Pak Sekda turun langsung,” ujarnya.

Kini jalan sepanjang 1,5 kilometer itu terlihat bersih, lebar dan secara fungsional telah dapat dilewati. Operasi kerja bakti membangun jalan akses kedua desa itu dipimpin langsung Sekretaris Desa (Sekda) Lahat, Nasrun Aswari dengan melibatkan SKPD terkait.

Menurut Nasrun, kegiatan itu perintah langsung dari Bupati Lahat Aswari Riva’i setelah menerima laporan dan keluhan sejumlah warga kedua desa di Kecamatan Merapi Timur. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengerahkan alat berat serta dibantu warga memperbaiki jalan itu, dimana tahap pertama dilakukan pengerasan terlebih dahulu.

‘’Semoga dengan di bukanya kembali jalan itu akan memperpendek jarak antar Desa Cempaka Wangi dan Lematang Jaya, memperlancar transportasi apakah itu akan ke kebun maupun ke sekolah dan tentunya mempererat silaturahmi kedua desa,’’ ujar Nasrun.

Ia menegaskan, jalan yang telah dikerjakan secara gotong royong itu akan ditingkatkan mutunya sehingga masyarakat akan lebih nyaman dan aman untuk lewat. ‘’ Insya Allah Jalan itu akan menjadi PR Pemkab Lahat, untuk di tingkatkan mutunya,’’ tambahnya.

Nasrun juga mengungkapkan, sebetulnya Pemkab agak kesulitan membangun jalan tersebut lantaran ada sejumlah jalan perusahaan swasta yang harus dilewati. Ia mengajak perusahaan khususnya yang beraktivitas dilokasi tersebut seperti perusahaan perkebunan sawit, karet, gas untuk membantu pembangunan jalan. Pemda sendiri tidak bisa membangun jika jalan yang akan dibangun melintasi kawasan perusahaan.

“Ketika masyarakat ada keinginan untuk membangun desa atau wilayahnya tentu Pemkab akan membantu. Kita berharap jika jalan sudah dibenari warga bisa menjaganya,”terangnya.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Cempaka Wangi mengusulkan nama jalan baru tersebut diberi nama Jalan Aswari. ‘’Sebagai ungkapan terima kasih, kami mewakili masyarakat kedua desa mengusulkan jalan itu dinamakan Jalan Aswari,’’ ujar Ahmad (35) warga desa Cempaka Wangi. (ADV/HMS)