Ada Daging Murah Di Operasi Pasar Bulog

 

IMG-20160608-WA0005

Palembang – Guna mengantisipasi harga daging di Palembang Sumatera Selatan yang mulai merangkak naik saat bulan Ramadhan ini, Bulog Divre Sumbagsel mulai menggelontorkan daging sebanyak 7 ton dalam gelaran operasi pasar yang dilakukan selama bulan Ramadhan di halaman samping Kantor Bulog Sumsel-Babel

Kepala Bulog Divre Sumbagsel Mansur Siri mengatakan, operasi pasar dilakukan guna menekan harga komoditi yang ada di pasaran, serta menstabilitaskan harga. Selain itu juga sebagai penyeimbang agar harga tidak terlalu tinggi.

“Stok daging yang sudah ada saat ini sebanyak 2 ton dari 7 ton yang kita siapkan untuk tahap pertama.  Harga yang kita patok Rp. 90.000,- perkilogram” katanya, Rabu (8/7).

Karena itu sesuai dengan instruksi pemerintah pusat telah menunjuk Bulog untuk menyeimbangkan ketahanan pangan di Indonesia dan menjaga stabilitas harga di pasaran. Menurutnya, Perum Bulog Divre Sumsel melakukan operasi pasar dengan harga di bawah pasaran, seperti tepung terigu Rp. 8.500,- per kilogram, minyak goreng Rp. 11.500,- per liter, gula Rp. 14.500,- per kilogram, bawang merah Rp. 30.000,- per kilogram, beras Rp. 9.000,-, khusus daging dijual dengan harga Rp. 90.000,- per kilogram.

Sebelumnya daging sapi sudah berada dikisaran  Rp. 140.000,- per kilogram, telur ayam Rp. 23.000,- per kilogram, cabe Rp. 20.000,- per kilogram, bawang merah Rp. 48.000,- per kilogram, minyak goreng Rp. 13.000,- per liter, gula pasir Rp. 15.000,- per kilogram, tepung terigu Rp. 11.000,- per kilogram, beras kualitas standar Rp. 10.000,- per kilogram.

Untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya di Sumsel, Bulog mendatangkan bawang merah dari Brebes (Jawa Tengah) daging segar yang dibekukan dari Jakarta, dan cabe dari pulau Jawa, selain itu rencananya operasi pasar juga akan dilakukan di beberapa Kabupaten, Kota di Sumatera Selatan, seperti Lubuklinggau, Prabumulih, Ogan ilir, Ogan Komering Ulu dan Musi Banyuasin.

Salah seorang warga Prodexim Palembang bernama Desi menyambut baik hadirnya operasi pasar dengan harga murah, menurutnya harga yang ditawarkan sangat membantu di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti yang terjadi saat ini.

“Ya harga yang ditawarkan sangat membantu di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti yang terjadi saat ini, saya mau beli daging, gula sama telur,” katanya usai belanja di OP samping Bulog Jl Perintis Kemerdekaan Palembang. (korankito.com/ria)