Pelosok Desa Pun Kini Diterangi Listrik

IMG-20160308-WA0003Lahat –Tahun ini 119 kepala keluarga (KK) di Dusun 3 (Pulau Timun), Desa Tanjung Sakti, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Kabupaten Lahat, mendapat berkah jelang Ramadhan 1437 H. Betapa tidak, penantian panjang selama 46 tahun akhirnya warga yang mendiami daerah terpencil ujung wilayah Lahat berbatasan dengan Manak, Provinsi Bengkulu itu bersyukur, karena aliran listrik secara resmi telah menerangi rumah-rumah warga sejak kurang dari sepekan terakhir.

‘’Saya mewakili masyarakat Dusun 3 Pulau Timun yang berjumlah sekitar 119 KK mengucapkan terimah kasih banyak kepada Bupati Lahat, sejarah baru pada zaman kepemimpinan Aswari Pulau Timun teraliri listrik PLN dan semua pihak yang telah membantu,’’ ujar Anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Dusun Pulau Timun, Herlianti.

Dia menjelaskan, dengan sudah dialirinya listrik PLN sehingga anak-anak kami dapat belajar dengan baik kalau ada listrik, sehingga dapat meraih masa depan yang lebih baik lagi.

Sebelum datangnya aliran listrik, aktivitas masyarakat Pulau Timun bergantung dengan energi  listrik tenaga surya yang sangat terbatas dan tidak tahan lama karena harus ganti baterai. Ketika itu, kondisi Pulau Timun sangat kontrak dengan masyarakat Manak, Bengkulu yang sudah lebih dahulu teraliri listrik. Wajar kalau sebagian besar warga Timun tidak bisa leluasa nonton berita di televisi. ‘’Bahkan saat menghadapi ujian nasional yang baru lalu banyak pelajar yang terkendala untuk belajar,’’ Herlianti.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Nasrun Aswari mengatakan, semua persoalan dapat difasilitasi dan diselesaikan dengan baik melalui arahan Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’i dan dukungan masyarakat setempat sehingga persoalan dapat diselesaikan. ‘’Melalui arahan dan petunjuk Bupati dan tentunya dukungan masyarakat persoalan listrik PLN yang belum masuk di Pulau Timun terjawab dengan sekarang sudah teraliri Listrik,’’ tegasnya.

Terpisah Camat Tanjung Sakti Pumi, Saipul Bahri mengucapkan terimah kasih banyak kepada Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’i dan pemerintahan Kabupaten Lahat yang telah membantu menfasilitasi persoalan Listrik di Pulau Timun, sehingga Pulau Timun sudah teraliri Listrik PLN.

‘’Saya mewakili Masyarakat Tanjung Sakti Pumi umumnya dan khususnya masyarakat Pulau Timun mengucapkan terimah kasih kepada Bupati Lahat dan unsur pemerintahan Kabupaten Lahat atas bantuan sehingga Pulau Timun sudah teraliri listrik PLN,’’ tukasnya.

aliran-listrik_20150619_201753Dia bercerita, sebetulnya program listrik untuk Pulau Timun sebagai wilayah yang dipimpinnya, telah lama diproyeksikan, namun belakangan pihak PLN tidak mampu untuk menembus Dusun 3 sebab ada sejumlah pohon durian warga yang menghalangi kabel listrik. ‘’Ketika itu warga minta ganti rugi setiap pohon Rp5 juta, padahal yang mengganggu kabel listrik cuma dahan pohon,’’ paparnya.

Untungnya, tambah Saipul, setelah melalui mediasi dan pendekatan yang terus-menerus sejumlah warga yang memiliki pohon durian memahami dan mau diajak rembukan. ‘’Mediasi tiga pohon duria  itu cukup alot juga,’’ ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan, tokoh pemuda Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, A Kamil. Menurutnya, komitmen Pemkab Lahat memang tidak diragukan lagi, perhatian terhadap masyarakat kecil ternyata tidak terlupakan. ‘’Terima kasih pak Bupati, terima kasih pak wari, saya mewakili warga Pulau Timun Desa Tanjung Sakti Pumi, ucapkan terima kasih, Listrik Desa kami sudah hidup,’’ ujar A. Kamil yang juga Ketua PK KNPI Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. (ADV/HMS)