Polisi Ringkus Apriyanto

IMG-20160604-WA0000

Palembang – Apriyanto (36) akhirnya terancam dengan hukuman pasal berlapis setelah sebelumnya tertangkap petugas Polsek Ilir Barat (IB) ll Palembang lantaran terbukti membawa narkoba jenis shabu yang disimpan di dalam helm.

Tersangka yang tercatat sebagai warga Jalan Kadir TKR Lorong Sailin RT 25/7 Kelurahan 36 Ilir Kecamatan Gandus Palembang ini bakal diancam Pasal 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Undangan-undang Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata.

Dari informasi yang dihimpun, penangkapan tersangka berawal saat petugas mendapatkan laporan masyarakat jika akan terjadi transaksi narkoba di wilayah Jalan Ki Gede Ing Suro Kelurahan 30 ilir Kecamatan IB ll Palembang, Jumat (3/6) kemarin, sekitar pukul 17:00 WIB.

Namun, setelah petugas melakukan pengembangan dengan menggeledah kediaman tersangka, didapatlah satu pucuk senpira turut juga beserta amunisi aktif milik tersangka. Saat diamankan di Mapolsek IB ll Palembang, tersangka Apriyanto mengaku jika sabu tersebut didapatnya setelah dibeli dari seseorang yang berada di Lorong Jambu seharga Rp 250 ribu. “Sabu itu saya konsumsi sendiri pak, tidak ada niat mau saya jual. Saya dapat dari rekan saya yang tinggal di lorong Jambu,” ungkapnya, Minggu (5/7).

Sedangkan saat ditanya mengenai kepemilikan senpira, tersangka Apriyanto mengatakan, Senpira tersebut memang merupakan miliknya. “Memang milik saya, tapi itu hasil nemu. Senpira itu saya temukan tergeletak di pinggir Lorong Jambu sudah sekitar dua minggu yang lalu,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsekta Ilir Barat (IB) ll Palembang, Kompol Ahmad Firdaus didampingi Kanit Reskrim, Ipda Jhony Palapa, mengatakan “Penangkapan tersebut dilakukan setelah menindaklanjuti laporan  masyarakat yang mengatakan jika di lokasi penangkapan akan ada transaksi narkoba,” jelasnya saat ditemui di Polsekta IB II Palembang, Sabtu (4/6).

Setelah mendapatkan informasi termasuk berikut ciri-cirinya, dikatakan Firdaus, pihaknya pun langsung menindaklanjutinya dengan menunggu di sekitar lokasi penangkapan. “Setelah ditunggu, tidak berselang lama  orang dengan ciri-ciri yang dimaksud datang hingga kemudian langsung menangkap dan memeriksanya. Benar saja, saat dilakukan pemeriksaan, dari balik helm yang digunakan tersangka ini didapati satu paket kecil sabu,” terangnya.

Mendapati hal tersebut, masih dikatakan Firdaus, pihaknya langsung mengamankan tersangka dengan dibawa ke Polsekta IB II Palembang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut termasuk dilakukan pengembangan. “Malam harinya atau sekitar pukul 22.00, kita kembangkan dengan mendatangi rumahnya dan saat dilakukan penggeledahan tepatnya dari lemarinya ditemukan Senpira berikut amunisinya yang berjumlah enam butir,” ungkapnya.

Selain itu, Firdaus juga mengatakan, pihaknya juga melakukan tes urine terhadap urine tersangka dan dari hasil pemeriksaan diketahui urine tersangka pun positif mengandung narkoba.

“Akibat ulahnya, tersangka akan dikenakan Pasal berlapis yakni Pasal 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Undangan-undang Darurat No. 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata,” tutupnya. (korankito.com/kardo)