Masyarakat Protes Pengurus Masjid Nurul Khair

Jpeg

Palembang-Puluhan masyarakat yang tinggal di sekitar Masjid Nurul Khair berunjuk rasa di halaman masjid yang berlokasi di tengah Pasar Cinde, Jumat (3/5). Massa menuduh pengurus masjid telah melakukan hal yang tidak sebagaimana mestinya.

Berdasarkan data yang dihimpun, pengurus masjid berinisal HR mengangkat dirinya sendiri menjadi ketua pengurus. Selain itu, ia mengisi kepengurusan tidak secara demokratis.

“Kita memilih pengurus harus demokratis. Tidak dengan main tunjuk orang, jadi orang-orang dia yang mengisi. Jangan seperti itu, bukan sistem jaman dulu, ” ungkap Yusharil, tokoh masyarakat setempat.

Selain itu, kata Yusharil, pengurus juga membuat ulah dengan melarang perayaan Maulid Nabi serta kumandang adzan yang dilakukan oleh masyarakat. “Ya, dia melarang (Maulid Nabi-red) karena katanya buang-buang uang. Begitupun Adzan dan Iqamah, mereka melarang mengumandangkan itu kalau bukan orang dia. Jadi masjid ini sudah dimonopoli oleh mereka,” tegasnya.

Akibatnya, masjid seolah tidak menjadi milik masyarakat lagi. Padahal masjid merupakan sentra masyarakat. Hal ini yang membuat geram masyarakat sekitar sehingga langsung mendatangi masjid.

Koordinator Aksi Rubi Indiarta mengungkapkan, masyarakat sudah resah melihat ulah pengurus masjid tersebut. “Masyarakat resah karena pemilihan pengurus masjid tidak terbuka,” ungkapnya.

Masyarakat yang berdiskusi dengannya mengungkapkan bahwa selain melarang perayaan Maulid Nabi, pengurus masjid juga melarang adanya ziarah kubur. Sehingga masyarakat ramai-ramai menolak pelantikan pengurus masjid Nurul Khair yang akan datang.

Menurut Rubi, kuat dugaan hal-hal yang dilakukan oleh mereka untuk hal yang tak diinginkan ke depannya. Itulah masyarakat mendatangi pengurus. “Ada indikasi mereka pengurus masjid akan menjual tanah masjid,” ujarnya.

Sempat terjadi cekcok di halaman masjid karena pengurus membantah hal yang ditudingkan masyarakat. Masyarakat pun sepakat untuk berdiskusi di waktu yang akan datang guna menyelesaikan masalah tersebut.korankito.com/resha