Bidik Industri Olahraga, Kemenpora Adakan Diklat

IMG-20160601-WA0031

Palembang – Industri Olahraga di masa yang akan datang memiliki prospek menjanjikan. Apalagi Indonesia bakal menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games tahun 2018. Namun Industri olahraga i Indonesia masih kalah tertinggal jauh kemajuannya.

Asisten Deputi Industri dan Promosi Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Suryati mengatakan, ketertinggalan tersebut  disebabkan kurang sinerginya antara pihak pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Pihak swasta belum mendukung penuh untuk sektor itu. Begitupun masyarakat, masih kurang berpartisipasi,” ungkapnya usai membuka pendidikan dan pelatihan Manajemen Industri Olahraga Rabu (1/6).

Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menyiapkan beberapa hal berkaitan dengan industri tersebut. “Ya seperti kita mengadakan diklat ini, kemudian seminar dan sosialisasi akan kita gencarkan,” ujarnya lagi.

Menurutnya potensi akan indsutri ini cukup potensial. Masyarakat pun akan menemukan lapangan pekerjaan baru yang tentu akan mensejahterakan masyarakat. Seperti pembuatan sutthelcock untuk bola bulutangkis, marketing souvenir, ticketing serta persiapan prasarana olahraga.

“Kita akan menggali dan membangkitkan industri olahraga di Indonesia. Hal ini bagus untuk menopang perekonomian masyarakat di Sumsel. Apalagi Sumsel salah satu tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Kita akan persiapkan menuju ke sana,” tukasnya.

Untuk itu, ia mengharapkan partisipasi dari pihak swasta dan masyarakat dalam pelaksanaan tersebut. Sebab untuk membangkitkan industri olahraga, peran serta dari pihak-pihak tersebut  harus bersinergi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing demi masyarakat.

Senada dengan hal di atas, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mengungkapkan hal ini bagus guna memajukan Sumsel. Menurutnya di Sumsel sendiri cukup potensial untuk membentuk dan membangun industri tersebut seperti wisata olahraga dan lain-lain.(korankito.com/resha)