Tim Renang Indonesia Bawa Merah Putih Jadi Juara Internasional

Jpeg

Palembang – Pagelaran Asian School Swimming Championship (ASSC) kelima tahun 2016 yang diadakan di Stadion Jakabaring Aquatic menuai hasil menggembirakan bagi Indonesia. Dari hasil akumulasi pertandingan yang diadakan dari hari Rabu (25/5) hingga Minggu (29/5), Indonesia berhasil meraih juara umum dengan perolehan medali emas terbanyak, yakni 16 medali emas, 10 medali perak dan 9 medali perunggu.

Posisi runner up sendiri diraih oleh tim Hong Kong yang berhasil meraih 10 medali emas, 9 medali perak dan  11 medali perunggu. Disusul oleh negara Thailand yang harus puas memperoleh 7 medali emas, 11 medali perak dan 13 medali perunggu.

Pelatih Tim Renang Indonesia Albert Susanto ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa hal ini diluar prediksi awal sehingga prestasi ini cukup membuatnya terkejut. “Ya, kita bangga dengan perjuangan anak-anak yang mampu menjadikan Tim Indonesia meraih gelar juara umum. Ini semua di luar target karena pada penyelenggaraan ASSC di Makao 2015, kita hanya meraih 4 emas,” ujar Albert.

Selain itu ia juga mengapresiasi anak asuhnya yang juga berhasil memecahkan rekor dalam pagelaran ASSC 5th yang diikuti tujuh negara tersebut. “Memang di ASSC ini lawan terberat yakni China dan Jepang tidak tampil. Tapi, kita suprised karena dua perenang putri mampu memecahkan rekor nasional yakni Sofie Kemala pada nomor 50 M Gaya Kupu dan Azzahra Permatahani untuk nomor 400M Gaya Ganti,” ujarnya lagi.

Meskipun demikian, Albert mengatakan tugas atlet perenang ini belum usai. Ia akan menentukan 22 atlet perenang terbaik yang bakal dikirimnya ke kejuaraan selanjutnya, yakni ASEAN Schools Games di Chiang Mai, Thailand, bulan Juli mendatang. Ke-22 perenang ini akan memperkuat barisan kontingen Indonesia dengan target yang lebih besar. “Para perenang yang tergabung dengan Prima akan menjalani latihan di Bali sedangkan yang diluar Prima akan dipersiapkan di Jakarta,” tutur Albert.

Pada perlombaan terakhir, Minggu (29/5), Indonesia meraih 4 medali emas yang disumbangkan Sofie Kemala, Ilham Ahmad Turmudzi, Sagita Putri, dan Tim Estafet Putra. Tampil di nomor 50 M Gaya Punggung putri, Sofie (Indonesia) mencatat waktu tercepat 29,88 detik. Medali perak direbut Wong Toto Kwan To (Hongkong) 30,25 detik dan AA Istri Kania Ratih (Indonesia) meraih perunggu dengan waktu 30,34 detik.

Kemudian Ilham yang meraih medali emas di nomor 100 M Gaya Dada putra mencatat waktu 1:03,86 detik, disusul Wong Ho Kiu (Hongkong) dengan waktu 1:04,64 detik dan M Fahri (Indonesia) dengan waktu 1:05,95 detik. Di dua pertandingan ini Indonesia hampir saja menyapu bersih medali namun Hong Kong berhasil merusak itu dan bertengger di posisi kedua.

Di nomor 100 M Gaya Bebas putri, Sagita (Indonesia) meraih medali emas dengan catatan waktu 57,71 detik, kemudian Perak direbut Benjamapon Sangkhawat (Thailand) dengan catatan waktu 58,34 detik dan disusul Hung Nok Yan (Hongkong) 59,60 detik yang harus puas meraih medali perunggu.

Emas terakhir Indonesia disumbangkan oleh Tim Estafet 400 M yang beranggotakan Dwiki Anugrah, Ilham Ahmad Turmudzi, Abdu Fitra Indarto, dan M Alamsyah, Tim Indonesia mencatat waktu 3:53,78 detik, disusul Hongkong (3:56,97 detik) dan Singapura (3:57,35 detik). (korankito.com/resha)