Bisa Dipercaya

Komitmen Pemkab Lahat Berbuah BKN Awards

IMG-20160308-WA0017Lahat – Lajunya pembangunan di Bumi Seganti Setungguan di bidang infrastruktur, rupanya diiringi pula dengan pesatnya pelayanan serta tingginya komitmen sumber daya manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat. Fakta itu tidak cuma tampak secara kasat mata, ternyata hal itu diakui pula dengan seabrek prestasi maupun penghargaan yang diraih kabupaten yang di pimpin H Aswari Riva’i itu.

Kali ini Pemkab Lahat mendapat anugerah BKN Award 2016 sebagai terbaik pertama tingkat nasional untuk kategori Pelayanan Pensiun PNS. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana tersebut, merupakan penghargaan kepada instansi yang berhasil dalam menyelenggarakan manajemen aparatur sipil negara (ASN) secara kreatif, inovatif, akuntabel, konsisten, sesuai dengan kaidah, norma, standar dan prosedur yang berlaku.

Penyerahan dilakukan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2016 bertempat di Balroom Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta selatan, Jumat (27/5), selain Kabupaten Lahat, ada empat kabupaten lainnya yang masuk nominasi yakni Kabupaten Aceh Selatan, Jayapura, Sorong, dan Kabupaten Pringsewu.

Berita Sejenis
1 daripada 3.096

Menurut Bupati Lahat, H Aswari Riva’i, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi terhadap kinerja seluruh aparatur serta sebagai buah manis dari komitmen Pemkab Lahat yang terus mengoptimalkan pelayanan kepada masayarakat. ‘’Terima kasih kepada seluruh pegawai Pemkab Lahat, mari kita terus bekerja, kerja dan kerja demi Lahat Bangkit 2018,’’ tegasnya.

Aswari juga berpesan, berbagai penghargaan yang sudah banyak diterima Lahat jangan menjadi lupa diri. “Semoga ini menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian diinstansi, serta mendorong kreativitas, memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN di Kabupaten Lahat,” papar Kak Wari – demikian Bupati Lahat kerap di sapa – warga.

Dia mengingatkan pula, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang mesti dikerjakan terutama agar masyarakat Lahat menjadi sejahtera baik itu secara ekonomi maupun kehidupan sosial lainnya. ‘’Tidak ada jalan lain untuk mewujudkan itu, selain dengan kerja sama aparatur serta menjaga komitmen untuk Lahat yang lebih baik maupun terdepan,’’ katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Bidang BKN Award acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Aris Windiyanto, mengatakan, bahwa proses penilaian dilakukan melalui beberapa tahapan. Diantaranya, seleksi dilakukan oleh pimpinan unit teknis terkait dengan kategori yang ditetapkan yang juga diikuti oleh seluruh kepala kantor regional BKN untuk masing-masing wilayah kerja. “Proses penilaian dilakukan secara incognito atau instansi yang dinilai tidak mengetahui bahwa instansinya sedang dinilai,” jelasnya.

Menurutnya, pada tahap itu kerap terjadi tarik ulur yang sangat intens di mana masing-masing kepala kantor regional BKN mencoba mempertahankan kandidat BKD yang diajukan. Proses konfirmasi dan klarifikasi antar tim pada tahap itu juga dilakukan. Hasil yang didapat pada tahap pertama tersebut adalah terpilihnya lima nominasi pada tiap kategori termasuk dengan perangkingannya. “Nominator yang terpilih yaitu Kabupaten Aceh Selatan, Jayapura, Sorong, Lahat dan Kabupaten Pringsewu,” jelasnya.

Penghargaan yang diberikan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengelola kepegawaian di instansi, mendorong kreatifitas dan inovasi, serta penggunaan teknologi informasi dalam pelaksanaan manajemen ASN.

Dijelaskannya, dalam pelayanan bidang kepegawaian, pelayanan pengadaan dan kepangkatan, pelayanan pensiun, implementasi Computer Assisted Test (CAT) dalam Manajemen ASN, Implementasi Penilaian Kinerja, Implementasi Assessment Center, Pelaksanaan e-PUPNS, dan BKD Inovatif. (ADV/HMS)