Pemkot Palembang Siap Support Koperasi

IMG_20160527_153920_HDR

Palembang – Pemerintah kota Palembang sangat mensupport berdirinya koperasi di kota Palembang. Koperasi berfungsi sebagai pembangkit semangat membangun ekonomi kerakyatan. Dari 1.075 koperasi yang terdaftar di kota Palembang baru 120 koperasi yang aktif dalam rapat tahunan.

Walikota Palembang Harnojoyo selaku ketua pembina Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) daerah Palembang mensupport koperasi yang aktif. “Tadi ada koperasi rukun, koperasi tani yang anggotanya 3000 dan 9000 orang”, ujarnya kepada koran kito ketika selesai melantik Dewan Koperasi Indonesia daerah kota Palembang periode 2016-2020 di ruang Parameswara, Jum’at (26/05).

Tujuan utama didirikannya koperasi adalah untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan. Pihak bank senantiasa ingin memberikan pinjaman modal kepada masyarakat menengah ke bawah tetapi terkadang terkendala persyaratan administrasi, dengan adanya koperasi maka masyarakat menengah ke bawah tersebut dapat meminjam modal dengan bunga ringan yang telah ditentukan pemerintah.

“Bayangkan saja jika 1000 anggota dalam 1 koperasi dan dikalikan 1000 maka sudah 1 juta masyarakat kota Palembang yang berpatisipasi untuk memajukan ekonomi kerakyatan”, tegasnya.

Menurut Harno, Pemkot Palembang sangat mensupport koperasi, setiap tahunnya selain menganggarkan dana pihaknya juga memberikan sarana dan prasarana untuk pelatihan anggota koperasi.

“Bahkan dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kami siap mengadakan pelatihan bahasa asing jika diperlukan,” beber Harno.

Senada, Ketua Dewan Dekopin daerah Palembang Roslina menuturkan, jika Dekopin akan bersinergi dengan Disperindag kota Palembang untuk mengadakan pelatihan pendidikan dasar mengenai koperasi kepada anggotanya agar mengetahui apa saja fungsi dan kewajibannya sebagai anggota.

“Saat ini kami belum mengadakan pelatihan untuk bahasa asing menjelang MEA, kami masih menunggu koordinasi dari pak wali. Koperasi ini cenderung maju dan bukan bersaing dengan bank,” pungkasnya. (korankito.com/ejak)