Lahat Terapkan Layanan Online

bupati lahat okkkkk

Lahat – Meski berada jauh dari ibukota provinsi Sumatera Selatan, kabupaten Lahat telah menunjukkan keberhasilannya dalam pembangunan. Berbagai inovasi dilakukan Pemerintah kabupaten Lahat untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakatnya. Salah satunya yakni dengan memberikan pelayanan kependudukan secara online.

Lurah Gunung Gajah, Adlan saat ditemui Koran Kito mengatakan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masalah administrasi kependudukan dan lainnya, pihaknya sudah menggunakan aplikasi data terpadu secara online. Dengan aplikasi online ini maka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat di kelurahan Gunung Gajah ini.

“Untuk memasukkan data warga, saat ini telah dilakukan dengan metode online sejak beberapa waktu lalu. Warga tidak lagi ada yang mengeluh tentang pelayanan yang disajikan dengan aplikasi ini,” kata Adlan.

Dengan adanya aplikasi administrasi kependudukan secara online ini, menurut Adlan, semua pelayanan kepada masyarakat di kelurahan Gunung Gajah dapt dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat.

“Misalnya ada warga yang mau bikin surat pengantar, maka kita tinggal click namanya. Kemudian kita click aplikasi surat pengantar, lalu muncul format pembuatan surat pengantar. Tinggal kita ketik namanya, lalu print out dan kemudian jadilah surat itu dalam waktu paling lama 5 menit,” terangnya.

Dijelaskan Adlan, sistem aplikasi online ini, maka masyarakat lebih mudah jika membutuh informasi tentang data kependudukan mereka dan bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

“Jika ada yang membutuhkan informasi data tentang status, pekerjaan, dan lainnya, semuanya telah tersedia di aplikasi ini. Dengan harapan agar jadi inspirasi bagi desa dan kelurahan lainnya. Sistem ini diciptakan setelah mendapat anjuran dari Bupati Lahat Aswari Riva’i,” ujar Adlan.

Namun, Adlan tidak menampik jika masih ada kendala dalam penerapan sistem administrasi kependudukan  secara online ini. Kendala yang dihadapi yakni mulai dari sistem jaringan internet yang masih lemah untuk menerapkan aplikasi pelayanan berbasis online ini.

“Alhamdulillah semuanya sudah siap dijalankan, sehingga lebih efisien lagi pelayanannya. Kita masih terkendala masalah peralatan informasi teknologi (IT), mudah mudahan ke depan akan kita dapat teori pelayanan dengan optimalisasi IT nantinya,” jelas Adlan.

Terpisah, Bupati H Saifudin Aswari Rivai SE, melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Nasrun Aswari SE MM menuturkan, Pemkab Lahat saat ini sedang mengupayakan agar sistem penginputan data dilakukan secara online, agar data yang ada akurat. Terkait masalah kekurangan dan kelemahan di lapangan, Pemkab akan segera mengupayakannya semaksimal mungkin. Sehingga kedepan akan diupayakan merata dan kemudian desa atau kelurahan bisa melakukan aplikasi secara online.

“Untuk daerah perkotaan sudah diupayakan menggunakan sistem jaringan online dan kita targetkan kedepan semuanya sudah berbasis online, namun jelas semuanya mestilah bertahap,” paparnya. (korankito.com/rika)