Contra Flow Dihentikan

Jpeg

Palembang – Sistem contra flow yang dilakukakan Satlantas Polresta Palembang, pada Senin (23/5) pagi, tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Sehingga, sistem untuk mengurai kemacetan di atas Jembatan Ampera yang baru berjalan 1,5 jam tersebut untuk sementara dihentikan.

Kasat lantas Polresta Palembang, Kompol Benny Prasetya ketika dimintai konfirmasi, membenarkan jika sistem 3:1 tersebut dihentikan. Menurutnya, contra flow dapat mengurangi kemacetan dari arah Seberang Ulu menuju Seberang Ilir. Namun, terjadi kemacetan di seberang Ilir hingga depan Internasional Plaza.

“Yah, Senin kemarin ujicobanya. Tiga lajur dari Jakabaring menuju kota, sementara satu jalur dari kota menuju Jakabaring. Memang, volume kendaraan sedikit berkurang di pangkal Jembatan Ampera seberang Ulu. Namun, justru terjadi penumpukan kendaraan bermotor di kawasan seberang Ilir. Sehingga, kita akan segera mengevaluasi lagi contra flow,” ucapnya saat ditemui di Polresta Palembang.

Sepeti diberitakan sebelumnya, guna mengurai kemacetan yang terjadi di atas Jembatan Ampera saat jam-jam sibuk, Satlantas Polresta Palembang mulai hari ini, Senin (23/5) memberlakukan sistem contra flow bagi pengendara yang melintasi kawasan tersebut.

Namun, sistem yang diharapkan mampu mencegah kemacetan tersebut, belum berjalan dengan efektif. Terlihat, masih terjadi penumpukan kendaraan  di pangkal Jembatan Ampera, Kelurahan 7 Ulu. Bahkan, padatnya kendaraan hingga di atas dan bawah fly over Jakabaring.

Selain itu, contra flow yang direncanakan dimulai pukul 07:00 hingga pukul 09:00 WIB, hanya berjalan 1,5 Jam saja. Pasalnya, terjadi, antrian panjang kendaraan yang dari Seberang Ilir hendak menuju Seberang Ulu. Parahnya, macet kendaraan sepeda motor maupun mobil, hingga mencapai depan Internasional Plaza (IP).

Adapun sistem contra flow adalah sistem dimana kendaraan melintasi Jembatan Ampera akan dibagi menjadi 3:1. Artinya, di pagi hari, kendaraan dari seberang Ulu hendak menuju Seberang Ilir akan menggunakan tiga jalur, sedangkan kendaraan dari seberang Ilir ke seberang Ulu hanya memakai satu jalur.

Begitupun sebaliknya, pada sore harinya, kendaraan yang dari Seberang Ilir hendak melintasi Jembatan Ampera, akan diberlakukan tiga jalur, sementara dari arah sebaliknya hanya satu lajur saja. (korankito.com/denny)