HMI Gelar Aksi Tolak Dubes Amerika

CIMG2541Palembang-Sekelompok mahasiswa menggelar aksi damai di bundaran air mancur Palembang, Selasa (24/5). Aksi yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Palembang ini merupakan bentuk penolakan terhadap kedatangan Duta Besar Amerika untuk Indonesia HE Robert O’ Blake.

Ketua Umum HMI Cabang Palembang Ramdoni menegaskan, kedatangan Robert ke Kota Palembang merupakan upaya Amerika dalam membawa misi untuk mengadakan kerja sama sekaligus mengeruk sumber daya alam di Sumatera Selatan.

“Kami dengan tegas menolak kehadiran Duta Besar Amerika Serikat dengan segala misi yang dia bawa ke tanah Sriwijaya ini,” ujarnya dalam orasi.

Menurutnya, Robert O’ Blake akan bekerja sama dalam bentuk investasi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di bidang energi dan pengadaan barang dan jasa untuk pelaksanaan Asian Games. Bahkan menurutnya, Amerika Serikat akan merayakan hari kemerdekaannya di kota Palembang.

“Untuk itu kami menolak segala bentuk investasi Amerika Serikat di bumi Sriwijaya di bidang energi dan sumber daya alam, menolak campur tangan Amerika dalam pelaksanaan Asian Games 2018 serta menolak keras perayaan hari Kemerdekaan Amerika di Palembang,” tegasnya.

Aksi damai ini digelar bertepatan dengan momentum kedatangan Robert O’ Blake ke Kota Palembang untuk memberikan kuliah umum prevarsi lingkungan hidup di SMAN Sumsel.

“Untuk itu, kami sekali lagi menegaskan untuk menolak segala upaya Amerika dalam menguasai kota kami. Sebab kami tak ingin menjadi Papua kedua di Indonesia,” pungkasnya. (korankito.com/resha)