Dubes AS Ajak Siswa Palembang Jaga Lingkungan

Screenshot_2016-05-24-13-45-00_1464072338304Palembang  – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert O Blake menyambangi SMA Negeri Sumsel di Jalan Pangeran Ratu Kelurahan 8 Ulu, Jakabaring, Selasa (24/5). Dalam kunjungannya, Robert mengajak para siswa menjaga lingkungan dari ancaman pemanasan global.

Menurutnya, pentingnya menjaga alam oleh setiap individu dapat menurunkan risiko terjadinya pemanasan global.  “Pemanasan global merupakan permasalahan besar. Namun sebenarnya, upaya pencegahannya cukup sederhana. Anda cukup menghentikan pemakaian plastik dalam jumlah besar dan tidak membuat sampah ke alam karena dapat membuatnya terkontaminasi atau tercemar,” paparnya.

Ketika disinggung perihal kerjasama pembangunan di Sumsel yang dikhawatirkan dapat merusak alam, Robert menjamin hal tersebut tidak akan terjadi. Namun ia juga meminta setiap pihak untuk bersikap profesional dan proporsional dalam pembangunan.

Dijelaskannya, pabrik-pabrik atau perusahaan harus memiliki izin resmi dari pemerintah dalam menjalankan usahanya. “Jika melanggar peraturan dengan menghasilkan limbah yang berbahaya bagi alam, maka tugas pemerintah untuk memberikan sanksi berupa pencabutan izin operasional,” ujarnya di hadapan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Ia juga mengklaim, pihaknya berpengalaman di bidang pembangunan berwawasan lingkungan dan menjamin kerjasama pembangunan dengan Pemprov Sumsel tidak akan menimbulkan kerusakan alam seperti yang ia sampaikan pada kuliah umum tersebut.

“Kami punya tim ahli di bidang pembangunan. Kami pastikan pembangunan yang sedang maupun akan berjalan, tidak akan merusak alam dan ekosistemnya karena konsep pembangunan kami berwawasan lingkungan,” paparnya.

Selain memberikan paparan edukasi menjaga lingkungan, Robert juga mengadakan kegiatan menanam pohon di taman SMA Negeri Sumsel. Diakuinya, kegiatan ini untuk memberikan contoh bagi siswa.korankito.com/ria