Berbagai Komunitas Gelar Palembang Berbagi

IMG_20160522_091221Palembang – Kambang Iwak Park yang selama ini memang menjadi tujuan aktivitas olahraga atau sekedar rekreasi bersama anggota keluarga saat hari libur, tampak lebih meriah dengan kehadiran kegiatan yang bertajuk Palembang Berbagi 2, Minggu (22/5).

Kegiatan sosial yang digagas beragam komunitas seperti Jumat Sedekah Indonesia, Forum Peduli Kesehatan Palembang, Relawan Anak Sumsel, Malam Puisi Palembang, UKM Seni Polsri, Yayasan Jantung Indonesia, Palpikgram dan banyak lagi dukungan dari berbagai komunitas.

Dikatakan Al Amin, Koordinator acara Palembang Berbagi 2, tujuan utama kegiatan ini selain sebagai ajang silaturahmi berbagai komunitas, juga dalam rangka pengumpulan dana untuk kegiatan sosial selama bulan Ramadhan.

“Inisiator kegiatan ini dari komunitas Jum’at Sedekah Indonesia. Saat pembahasan acara Palembang Berbagi, banyak komunitas dan pribadi yang tertarik bergabung untuk menyukseskan acara ini,” ujar Amin, Minggu (22/6) di Kambang Iwak Park Palembang.

Palembang Berbagi yang melibatkan beragam komunitas, imbuh Amin, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Palembang yang tengah beraktivitas di Kambang Iwak dengan banyak kegiatan seperti demo masak, berbagi makanan gratis, dan pengumpulan dana.

“Ini merupakan kegiatan kedua di Kambang Iwak Park. Pada prinsipnya, siapa pun bisa bergabung asal punya kemauan saling berbagi. Kegiatan ini kelanjutan dari kegiatan berbagi makanan gratis mingguan yang sudah rutin kita laksanakan,” lanjutnya.

Selain komunitas, dukungan juga datang dari grup memasak yang turut menyumbang beragam jenis makanan ringan untuk dibagikan secara gratis, ada juga dijual dengan harga murah dan seluruh hasil penjualan akan disumbangkan.

Sementara Ketua Komunitas Jumat Sedekah, Nanda menjelaskan, sebelum Palembang Berbagi, pihaknya telah rutin melakukan kegiatan sosial dengan membagi makanan gratis setiap hari Jumat dengan lokasi yang berbeda tiap pekannya.

“Awalnya tidak menyangka kegiatan Palembang Berbagi mendapat sambutan luar biasa dari banyak komunitas terutama dari rekan-rekan mahasiswa,” jelas Nanda.

Lanjutnya, hasil dana yang terkumpul, baik sumbangan spontanitas pengunjung Kambang Iwak, ataupun donatur tetap, akan digunakan untuk kegiatan Jumat Sedekah dan kegiatan sosial lainnya selama bulan Ramadhan.

“Selama ini Jumat Sedekah telah banyak menerima sumbangan dari banyak pihak. Akan tetapi, kita akan tetap berusaha mencari pihak donatur yang tertarik untuk membantu sesama,” ucap Nanda.korankito.com/fran