Malam Nisfu Sya’ban, Masyarakat Padati Masjid Agung

 

IMG-20160521-WA014

Palembang – Malam Nisfu Sya’ban, ribuan masyarakat Palembang berdesakkan memenuhi Masjid Agung Palembang. Malam Nisfu Sya’ban ini untuk menyambut bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, dimana merupakan bulan untuk memperbaiki diri, mensucikan diri dari segala macam bentuk dosa.

Pantauan Koran Kito, masyarakat memulai agenda malam Nisfu Sya’ban dengan ceramah oleh ust. K.H. Ahmad Idris, dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. Setelah itu jamaah membaca surah Yasin sebanyak tiga kali, masing-masing setelah membaca ada doa. Kemudian Sholat Isya, dan yang terakhir shalat Sunnah Tasbih bersama-sama.

Menurut salah satu pengurus Masjid Agung H. Ahmad Ridwan, malam Nisfu Sya’ban ini merupakan momentum untuk memperbaiki diri serta bersiap-siap menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba. Untuk itu, pengurus masjid Agung mengajak masyarakat kota Palembang bersama-sama untuk instropeksi diri dan bersiap-siap. “Sebentar lagi kan bulan Ramadhan. Ini kita dalam rangka menyambut itu,” ujarnya, Sabtu (21/5) malam.

Selain bertaubat, masyarakat juga sebaiknya mensucikan diri dengan cara perbanyak shalat sunnah, zikir dan amalan-amalan baik lainnya. Hal ini berlangsung setiap kali pertengahan bulan Sya’ban. “Kita dari tahun ke tahun seperti ini kok. Semoga kita siap menyongsong bulan suci yang sudah di depan mata ini,” tukasnya.

Terpisah, Nurul (45) mengungkapkan bahwa dirinya rutin mengikuti shalat sunnah Nisfu di masjid terbesar di Palembang ini. Ada hal yang berkesan di dirinya dibandingkan dengan shalat Nisfu di tempat lain. “Entah mengapa, terasa beda kalau shalat di masjid Agung ini, terasa adem,” ungkapnya kepada wartawan.

Meski harus pergi dengan menerobos hujan, ibu yang tinggal di kawasan 24 ilir ini masih bersyukur diberikan Tuhan kesempatan untuk Shalat di Masjid yang didirikan zaman Kesultanan Palembang ini. “Ya ga apa-apa. Saya anggap ini ujian. Yang penting saya Alhamdulillah masih diberi kesempatan shalat di sini,” tutupnya. (korankito.com/resha)