Urai Kemacetan Ampera Gunakan Sistem Contra Flow

Jpeg

Palembang – Untuk meminimalisir kemacetan yang terjadi di atas Jembatan Ampera, baik itu dipagi maupun sore hari, Satlantas Polresta Palembang akan memberlakukan sistem contra flow pada Senin (23/5) pagi nanti.

Adapun sistem contra flow adalah sistem dimana kendaraan melintasi Jembatan Ampera akan dibagi menjadi 3:1. Artinya, di pagi hari, kendaraan dari seberang Ulu hendak menuju Seberang Ilir akan menggunakan tiga jalur, sedangkan kendaraan dari seberang Ilir ke seberang Ulu hanya memakai satu jalur.

Begitupun sebaliknya, pada sore harinya, kendaraan yang dari Seberang Ilir hendak melintasi Jembatan Ampera, akan diberlakukan tiga jalur, sementara dari arah sebaliknya hanya satu lajur saja. “Untuk hari pertama ini, contra flow akan kita ujicoba di pagi hari dulu. Jadi, kendaraan yang dari Ulu ke Ilir akan memakai tiga jalur. Sebaliknya, dari Ilir hanya satu jalur,” ucap Kasat Satlantas Polresta Palembang, Kompol Benny Prasetya saat ditemui di ruangnya, Sabtu (21/5).

Lanjutnya, contra flow ini akan dimulai dari pukul 07:00 hingga pukul 09:00 WIB. Kalau memang efektif, sistem ini akan diterapkan secara permanen. “Tapi kita lihat kondisioning di lapangan bagaimana, Kalau memang efektif untuk mengatasi kemacetan, akan kita terapkan setiap hari,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan diberlakukannya sistem contra flow, dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di atas Ampera. “Jadi, pegawai-pegawai yang ada di seberang ulu dan berkantor di seberang Ilir, tidak lagi terlambat gara-gara kemacetan yang terjadi saat ini,” harapnya.

Menurutnya, kemacetan yang terjadi diatas Jembatan Ampera, sudah tidak dapat dihindarkan lagi. Pasalnya, selain adanya penyempitan jalan, berada di pangkal jembatan, ada juga perbaikan jalan di atas jembatan. Sehingga, laju kendaraan jadi terhambat.”Setiap hari kita bisa lihat kondisi jalan disana, sangat padat. Apalagi sekarang ada perbaikan jalan di atas jembatan, jadi kendaraan bermotor memperlambat laju kendaraan mereka saat melintasi aspal yang sudah dikeruk,” katanya.

Masih dikatakan Benny, sedikit 20 personil gabungan dari Satlantas Polresta Palembang dan Dinas Perhubungan Kota Palembang, akan diterjunkan secara langsung dalam menerapkan sistem contra flow nantinya.”Kita sudah berkordinasi dengan Dishub Kota Palembang, untuk menerapkan sistem contra flow. Jadi, masyarakat yang akan melintasi kawasan Ampera Senin nanti, jangan terkejut kalau ada perubahan arus,” tambahnya.

Ia pun menghimbau, kepada pengguna kendaraan roda dua untuk tidak melintas diatas troatoar saat terjadinya kemacetan di atas Jembatan. “Untuk pengemudi sepeda motor, agar tidak melintas di atas trotoar, semuanya harus berada di aspal, karena banyak akibatnya kalau melintas disana,” tutupnya. (korankito.com/denny)