Tak Ada Anggaran, Pencetakan E-KTP Tertunda

IMG_20160519_105405_HDR

Palembang – Akibat kurangnya anggaran dan akses jaringan internet untuk online, pencetakan e-KTP di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Palembang belum bisa dilaksanakan. Padahal, pencetakkan e-KTP ini menjadi salah satu fokus program kerja Walikota Palembang Harnojoyo.

“Keterlambatan pencetakan e-KTP ini karena terlalu ribet, pencetakannya di kantor Disdukcapil sedangkan perekaman datanya di kantor kecamatan,” ungkap Camat Seberang Ulu 1 (SU1) Novran Hansya saat ditemui di kantornya, Kamis (19/5).

Novran mengatakan, beberapa waktu lalu memang sudah disampaikan oleh Plt Asisten I Pemerintah Kota Palembang Heri Kurniawan bahwa Walikota Palembang Harnojoyo memfokuskan kinerja aparatur pemerintah terhadap pelayanan masyarakat terutama pencetakan e-KTP.

“Melalui izin mendagri di akhir tahun 2016 ini seluruh kecamatan di kota Palembang dapat mencetak e-KTP, dengan begitu maka proses pencetakannya bisa dipercepat. Tentu saja setelah melakukan perekaman data terlebih dahulu,” katanya.

Menurut Novran, SU 1 sudah mempunyai program yang Standar Operasional Prosedur (SOP) pencetakan e-KTP selama 3 hari, Jika melebihi batas waktu yang ditetapkan dalam SOP maka e-KTP akan di antarkan langsung oleh staf kecamatan ke warga yang bersangkutan karena jika itu terjadi berarti itu adalah kesalahan kecamatan.

“Pelaksanaan pencetakan di kecamatan masih menunggu sarana dan prasarana yang mumpuhuni, artinya akan ada anggaran perubahan di tahun ini, kita akan ajukan anggaran alat cetak dan jaringan, karena jaringannya masih kurang dan jika telah terpenuhi maka dapat di cetak di semua kecamatan,” ujar Novran. (korankito.com/ejak)