Bisa Dipercaya

Lahat Terus Tingkatkan Kemampuan Aparatur Negara

IMG-20160308-WA0017Untuk meningkatkan kemampuan aparatnya, Pemkab Lahat terus membekali para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungannya. Salah satunya mengikuti uji kompetensi pejabat adiministrator di Kantor Regional VII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Sumatera Selatan (Sumsel), di kawasan Jakabaring, Palembang.

Para PNS ini antusias mengikuti kegiatan ini untuk mengukur kemampuan manajerial menjadi pemimpin. ‘’Penilaian kompetensi diperlukan sebagai dasar permulaan untuk menata penempatan sumber daya manusia (SDM) aparatur dalam setiap jabatan struktural yang ada,’’ ujar Bupati Lahat H Aswari Riva’i.

Menurut Bupati Aswari, melalui kegiatan itu ke depannya pejabat di lingkungan Pemkab Lahat memiliki kemampuan yang mumpuni dan sesuai standar jabatan. Penataan penempatan memperhatikan rekomendasi hasil penilaian kompetensi personal, sebab jauh lebih rasional dan tidak terlalu menimbulkan gejolak sosial psikologis.

Berita Sejenis

Novan Setya Datang, SFC Juga Boyong Dzumafo

Moral Milik Pendidik

Suami Pergoki Istri Tidur Tanpa Busana di Kamar Kos PIL

1 daripada 3.101

Pemkab Lahat sendiri berkomitmen mencetak SDM yang berdayaguna agar Lahat menjadi kabupaten terdepan. Untuk itu dilakukan nota kesepahaman, yang membahas kepakatan tentang standar dan level kompetensi inti. Sedikitnya meliputi 12 kompetensi inti berikut level masing-masing kompetensi inti yang akan dijadikan pedoman atau standar pengukuran kompetensi pejabat administrator.

Kegiatan ini juga untuk mengetahui kemampuan atau kompetensi (baik kompetensi manajerial maupun kompetensi bidang) dari masing-masing pejabat struktural dengan kualifikasi dan syarat jabatan. Selain itu untuk memetakan atau membuat proyeksi kompetensi pejabat-pejabat struktural di lingkungan Pemkab Lahat pada jabatan struktural yang ada. Kegiatan menggunakan metode penilaian melalui tahapan assesment center, psikometri, wawancara kompetensi, analisa kasus, presentasi, serta kuisoner. ADV/HMS