Bisa Dipercaya

30 Tahun Tertidur, PSSI Adakan Sepak Bola Wanita

IMG-20160518-WA005

Palembang – Pasca dicabutnya pembekuan dari Kemenpora, geliat PSSI mulai nampak. Kepengurusan PSSI Sumsel pun langsung mengadakan pertandingan sepak bola wanita mulai Rabu (18/05) hari ini.

Menurut Ketua Bidang Pertandingan Faisal Mursyid, hal ini merupakan kali pertama sepak bola wanita resmi yang digelar oleh PSSI Sumsel. “Terakhir kita mengadakan pertandingan seperti ini 30 tahun yang lalu. Sudah banyak pemain-pemain legenda kita,” ujarnya.

Berita Sejenis
1 daripada 3.093

Kini roda sepakbola wanita akan digerakkan kembali. Selain untuk ajang hiburan, kompetisi ini juga persiapan untuk menghadapi turnamen tingkat nasional. “Di tingkat nasional nanti ada Kartini Cup. Kita juga mempersiapkan hal tersebut di kejuaraan ini,” ujarnya lagi.

Ditambahkan Ketua Pelaksana Weny Ramdiastuti, untuk mengadakan turnamen ini dirinya mengaku terinspirasi dari daerah Jawa yang melakukan hal serupa, dan terus meluas hingga ke tingkat se-Jawa Tengah. “Saya langsung menyampaikan ide saya ini ke ibu Eliza Alex, langsung disetujuinya. Malahan ia langsung memerintahkan tim penggerak PKK yang ada di Provinsi Sumsel untuk berpartisipasi,” kata Weny.

Dirinya berharap bahwa kejuaraan ini akan meluas hingga ke wilayah Sumatera. “Kita akan upayakan agenda ini menjadi agenda tahunan. Mudah-mudahan bisa sampai ke tingkat se-Sumatera,” tuturnya.

Menurut data terakhir, sudah ada 10 tim yang akan bertanding mulai esok hari. Kesepuluh tim itu antara lain PS Palembang, PS Banyuasin, PS Musi Rawas, PS Lubuk Linggau, Numa FC, PSAD Kodam II Sriwijaya, PS WSC PGRI, PS PSW Barata Baturaja, PS Putri Buana OKI dan PS SMA Taruna Indonesia.Kesepuluh tim tersebut dibagi menjadi tiga grup yang akan bertanding dengan sistem liga.

Dengan sistem perebutan juara menggunakan sistem trofeo, panitia telah menyiapkan hadiah dengan total 50 juta rupiah. Juara 1 akan mendapatkan Trofi, Medali serta uang senilai 20 juta, juara 2 mendapat uang senilai 15 jutan, dan juara ketiga mendapat uang senilai 10 juta rupiah. Dan satu gelar pemain terbaik serta top scorer akan mendapatkan masing-masing 2,5 juta rupiah.‎ (korankito.com/resha)