Ratusan Anggota SAR Bertarung di Palembang

 

CIMG2406

Palembang – Lebih dari 300 anggota Badan SAR Nasional (Basarnas) berkumpul di Stadion Gelora Sriwijaya (GSJ) Jakabaring Palembang. Para anggota Basarnas yang berasal dari kantor SAR se- Indonesia ini berkumpul untuk mengikuti National SAR Challenge 2016 berlangsung sejak 17 hingga 21 Mei 2016.

Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H.B Soelistyo mengatakan kegiatan National SAR  Challenge  merupakan kesempatan untuk meningkatkan skill anggota SAR dalam menjalankan misi kemanusiaan. “Anggota SAR harus mempunyai kemampuan dalam menunaikan tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada anggota yang akan bertanding supaya menjiwai motto Badan SAR Nasional. “Tingkatkan responsif, militan dan santun.  Tingkatkan jiwa sosial karena itulah berkah yang akan datang kepada kita,” kata Soelistyo.

Senada, Gubernur H. Ishak Mekki mengatakan bahwa adalah suatu kebanggaan jika Palembang menjadi tuan rumah even berskala nasional tersebut. “Kami bangga karena ini yang kali pertama National SAR Challenge diadakan di luar daerah,” ujarnya.

Dirinya juga berharap di event Asian Games 2018 nanti, tim Basarnas ikut berperan mensukseskan kegiatan yang akan dilangsungkan 18 Agustus-2 September 2018 tersebut. “Sebanyak 34 cabang olahraga akan dipertandingkan. Untuk itu, adanya safety dari pihak Basarnas akan sangat membantu karena kemampuan mereka sudah teruji,” kata Ishak Mekki.

Dalam kejuaraan antar Kantor SAR se-Indonesia tersebut bakal dilangsungkan beberapa cabang pertandingan diantaranya vehicle accident rescue (penyelamatan kecelakaan kendaraan), High Angle Rescue Tech, Collapsed Structure SAR, Water Rescue dan masih banyak lagi.